BPBD sebut Kubu Raya Berstatus Siaga Karhutla

BPBD sebut Kubu Raya Berstatus Siaga Karhutla

BERBAGI
Foto: Mochtar, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya/Sukardi

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, Mochtar, mengatakan, beberapa wilayah di Kubu Raya berstatus siaga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Status siaga, titik-titik yang rawan untuk sementara, Desa Limbung, Desa Arang Limbung, Rasau Jaya, Bintang Mas, dan Punggur Kecil, ini daerah yang kami fokus padamkan, ini bukan lagi jaga, tapi padamkan, karena api sudah meluas,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, BPBD bersama TNI, Polri, Manggala Agni, dan pemadam kebakaran swasta tetap fokus mengejar titik-titik api, namun di lapangan terkendala dengan sumber air yang sedikit.

“Memang yang menjadi kendala saat ini, yakni sumber air, letak titik api dengan sumber air yang ada itu sedikit mengalami kesulitan, sehingga dari Polda menyuplai water canon setiap hari apabila kami membutuhkan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, sumber api di wilayah Kubu Raya tersebut yakni karena dibakar, karena warga masih menggunakan adat istiadat dari nenek moyang untuk bercocok tanam di lahan gambut, salah satu caranya dengan cara dibakar, untuk mengurangi kadar asam yang terkandung di dalam gambut tersebut.

“Imbauan bagi warga yang ingin bercocok tanam, sebaiknya karena potensi udara ini kering sehingga akan memicu kebakaran, sebaiknya untuk ditunda,” imbaunya.

(Sukardi/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR