BMKG : Bulan Februari Ini Sedikit Hujan, Waspada Suhu Panas

BMKG : Bulan Februari Ini Sedikit Hujan, Waspada Suhu Panas

BERBAGI
Foto : Giri Darmoko, Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, saat memberi penjelasan/Bangun

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandara Supadio Pontianak memperkirakan bahwa sepanjang bulan Februari 2018 ini Kota Pontianak masih mengalami cuaca panas.

“Karena pada bulan Februari ini, sekali pun turun hujan, sifatnya adalah hujan tipe equatorial, dimana curahnya cukup sedikit,” ungkap Giri Darmoko, Prakirawan BMKG Supadio Pontianak, saat ditemui pada Rabu (21/2/2018) siang.

Suhu panas saat ini menurutnya salah satunya dipengaruhi oleh kecepatan angin yang pada bulan ini berasal dari arah barat laut.

“Kecepatannya sekitar 10 knot, kira-kira 20 km/jam. Angin ini seharusnya membawa hujan, namun karena saat ini sedang musim kering, maka angin ini bisa membawa suhu panas dan asap dari kebakaran lahan. Siklus ini juga akan terulang pada rentang Juli hingga September. Jadi patut diwaspadai untuk berjaga dari suhu panas,” ucap Giri.

Giri menambahkan, untuk curah hujan bulan Februari ini masih bersifat sporadis, belum merata untuk seluruh Kalimantan Barat.

“Hari ini diprediksikan terjadi hujan ringan di Sanggau, Tayan, Mandor dan sebagian Ketapang,” ujarnya.

Giri menghimbau, untuk saat ini lebih baik keluar rumah dengan menggunakan masker, karena kabut asap masih ada serta suhu panas yang cukup tinggi.

(Bangun/Muh)

TIDAK ADA KOMENTAR