Gol Tunggal Borini Bawa AC Milan ke 16 Besar Liga Europa

Gol Tunggal Borini Bawa AC Milan ke 16 Besar Liga Europa

BERBAGI
Foto : Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso (ketiga dari kanan), merayakan keberhasilan timnya lolos ke 16 Besar Liga Europa bersama pemain/AFP-Marco Bertorello

Thetanjungpuratimes.com – Fabio Borini membawa AC Milan lolos ke 16 Besar Liga Europa berkat gol tunggalnya ke gawang Ludogorets pada leg kedua 32 Besar di Stadion San Siro, Kamis (22/2/2018) atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan 1-0 ini sudah cukup bagi Milan untuk melaju ke fase selanjutnya. Sebab, di pertemuan pertama di kandang Ludogorets, tim asuhan Gennaro Gattuso ini menang 3-0; agregat menjadi 4-0.

Hasil positif ini juga memperpanjang catatan belum terkalahkan I Rossoneri di tahun 2018. Tercatat, dalam sembilan laga yang telah dijalani tahun ini di semua kompetisi, Milan mencatatkan tujuh kali menang, empat diantaranya beruntun, dan dua hasil seri.

Sementara itu, dalam pertandingan leg kedua melawan Ludogorets, kendati bermain di kandang sendiri, namun hal itu tak membuat Riccardo Montolivo dan kawan-kawan dengan mudahnya menguasai lawan.

Sebaliknya, tim tamu justru menguasai ball possession (penguasaan bola); 53 berbanding 47 persen milik Milan.

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, anak-anak Ludogorets langsung berinisiatif melancarkan serangan. Namun, hal itu bisa dipatahkan penjaga gawang Milan, Antonio Donnarumma.

Di pertengahan babak pertama, atau tepatnya menit ke-21, Borini berhasil menjebol gawang wakil Bulgaria tersebut setelah menerima umpan tarik Patrick Cutrone dari sisi kiri.

Skor 1-0 untuk keunggulan Milan tak berubah hingga babak pertama dan kedua berakhir.

Di lain pihak, nasib tidak baik dialami pemuncak klasemen sementara Serie A Italia, Napoli. Meski menang 2-0 di kandang RB Liepzig (Jerman), namun hal itu tidak cukup untuk mengantarkan mereka ke babak 16 Besar.

Hasil itu membuat agregat menjadi 3-3. Namun, Liepzig yang berhak atas tiket babak selanjutnya karena unggul gol tandang atas Napoli.

Kekalahan yang disebabkan dari wakil Jerman juga dialami wakil Italia lainnya, Atalanta. Bermain di kandang sendiri, Atalanta hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan Borussia Dortmund.

Tak pelak, kondisi tersebut membuat Dortmund melaju ke fase 16 Besar lantaran unggul agregat 4-3 setelah di pertemuan pertama di kandang sendiri, Kamis (15/2/2018) lalu, menang 3-2.

Milan sendiri bukan satu-satunya wakil Italia yang berada di babak 16 Besar kompetisi ‘kelas dua’ di dataran Benua Biru ini. Melainkan ditemani tim asal Ibu Kota, Lazio.

Lazio lolos setelah menang 5-1 atas Steaua Bucuresti. Kemenangan telak itu membuat agregat skor kedua tim menjadi 5-2 untuk keunggulan Lazio.

Undian babak 16 Besar Liga Europa akan dihelat Jumat (23/2/2018). Rencananya undian akan dimulai pukul 13.00 waktu setempat di markas besar UEFA di Nyon, Swiss.

(suara.com/muh)

TIDAK ADA KOMENTAR