The 1st International Simposium on Resource Development 2018 Diresmikan

The 1st International Simposium on Resource Development 2018 Diresmikan

BERBAGI
Foto: STKIP Singkawang/pontianak.tribunnews.com

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – The 1st International Simposium on Resources Development dilaksanakan di Kota Singkawang diresmikan. Kegiatan yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 2 Maret 2018 ini dilaksanakan di STKIP Singkawang dengan menghadirkan pembicara nasional dan internasional.

Simposium ini dilaksanakan atas kerjasama STKIP Singkawang dengan Asosiasi Dosen dan Ahli Republik Indonesia (ADRI). Dihadiri oleh puluhan pemakalah, turut hadir pula perwakilan dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan University of Kaohsiung, Taiwan.

Acara dibuka langsung oleh Prof Dr Bunyamin Maftuh M.Pd MA yang merupakan dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang sekaligus pengelola SDM di Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

Bunyamin Maftuh menjelaskan bahwa jumlah publikasi internasional masih di bawah Malaysia. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kemristekdikti terus mendorong publikasi ilmiah ini.

Dalam makalahnya yang bertajuk Human Resource Problem ini Indonesia Higher Education, Prof. Bunyamin menyampaikan bahwa kualitas dosen di luar Jawa masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh sedikitnya dosen yang belum memiliki jabatan fungsional akademik, ditambah minimnya dosen yang berpendidikan doktor.

“Pihak kementerian akan terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan meningkatkan kerja sama riset. Baik di tingkat regional Asean, maupun internasional,” tutup beliau.

(Suara.com/Faisal)

TIDAK ADA KOMENTAR