Untan dan Sinar Mas Grup Teken MoU Konservasi Gambut

Untan dan Sinar Mas Grup Teken MoU Konservasi Gambut

BERBAGI
Foto : Wakil Rektor IV dan CEO PT Agro Lestari Mandiri menandatangani MoU konservasi lahan gambut/Bangun

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura (Untan) dan PT Agro Lestari Mandiri (PT AMNL), yang berada di bawah Sinar Mas Grup, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai konservasi lahan gambut. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Rektor lantai 2 Rektorat Untan, pada Kamis (1/3).

Pihak Untan diwakili oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Arkanudin, M. Si, sementara dari pihak PT AMNL diwakili oleh CEO Susanto.

“Ada sekitar 2.600 hektar lahan sawit yang kami miliki. Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, maka sudah ada payung hukum antara PT Agro Lestari Mandiri dengan pihak Untan untuk melakukan langkah-langkah konservasi. Sebenarnya, sejak 2006-2007, kami sudah pernah mengadakan perjanjian dengan Untan namun baru tahun ini kami bisa membuat perjanjian secara formal,” jelas CEO PT AMNL, Susanto.

Susanto juga mengatakan, bahwa perusahaannya siap untuk menerima mahasiswa magang serta lulusan Untan yang ingin bekerja di sana. Karena dengan adanya perjanjian ini, tercipta sebuah fleksibilitas bagi dua pihak untuk menjalankan beberapa perjanjian lainnya, termasuk pengiriman tenaga ahli dan tenaga magang.

“Kami sangat mengharapkan bantuan dari Untan ini dan juga saran-saran demi kenyamanan dua pihak. Kami siap menerima mahasiswa magang dari Untan dan kami juga siap menerima lulusan Untan,” tutup Susanto.

Menanggapi pernyataan CEO PT AMNL, Susanto, Wakil Rektor IV Prof Arkanudin menyatakan sangat senang.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama ini. Kami rasa, PT AMNL tidak salah memilih Untan sebagai mitra,” ungkap Wakil Rektor IV.

Prof Arkanudin menyampaikan, bahwa pihak Untan sangat menyambut baik perjanjian ini. Untan sudah siap dengan tenaga ahli yang bisa dikirim seandainya perusahaan membutuhkan. Akan ada mahasiswa magang juga yang dikirim untuk bisa belajar tentang realita dari teori-teori yang disampaikan selama kuliah.

“Mereka akan belajar mengenai aplikasi dari teori-teori yang didapat selama kuliah,” imbuh Arkanudin.

Wakil Rektor IV juga menginginkan adanya komitmen yang dijaga dalam menjalankan MoU ini. Sekali pun tempo perjanjian adalah lima tahun, namun masih bisa diperpanjang tergantung kebutuhan. Bahkan bila seandainya PT AMNL membutuhkan tenaga-tenaga ahli Untan, maka Untan siap memfasilitasi.

“Untuk itu, kami akan mengadakan beberapa diskusi mengenai tenaga-tenaga ahli yang akan dikirim,” ujar Prof Arkanudin.

Sebagai penutup, Wakil Rektor IV mengharapkan agar grup-grup perusahaan yang di bawah Sinar Mas Grup terus memilih Untan sebagai mitra kerja.

“Karena Untan sekarang sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Untan ini menjual segala sumber daya yang dimiliki dan tentunya berusaha memenuhi prinsip-prinsip enterpreneur, birokrat dan saintis,” tutup Arkanudin.

(Bangun/Muh)

Foto : Wakil Rektor IV dan pihak PT Agro Lestari Mandiri foto bersama/Bangun

TIDAK ADA KOMENTAR