CEO Apple Kecam Kasus Kebocoran Data Facebook

CEO Apple Kecam Kasus Kebocoran Data Facebook

BERBAGI
Foto : CEO Apple Tim Cook. [Reuters]

Thetanjungpuratimes.com – CEO Apple Tim Cook meminta agar peraturan yang lebih ketat diterapkan untuk mencegah kasus penyalahgunaan atau kebocoran data pengguna Facebook terulang.

Sebagaimana diketahui, data 50 juta pengguna Facebook diduga digunakan untuk kepentingan kampanye Donald Trump di tahun 2016.

Berbicara dalam acara China Development Forum di Beijing pada Sabtu (24/3/2018), Cook mengatakan kasus yang menimpa Facebook mengejutkan dan membuka mata semua orang.

“Saya pikir situasi ini sangat mengerikan dan berdampak begitu besar sehingga mungkin diperlukan regulasi yang dibuat dengan baik,” tegas Cook.

Cook melanjutkan, sebuah perusahaan tidak seharusnya memiliki kemampuan untuk mengetahui lokasi, kontak, atau preferensi seorang pengguna.

Cook telah lama memprediksi bahwa masyarakat akan menyerahkan data pribadinya dengan mudah. Hal itu, nilai Cook, akan menyerang konsumen suatu saat.

“Suatu hari sesuatu yang mengerikan akan terjadi dan masyarakat akan terkena dampaknya. Sayangnya prediksi itu telah menjadi kenyataan lebih dari sekali,” tegasnya.

Apple selama ini memang dikenal sangat menjaga data pribadi penggunanya. Beberapa tahun yang lalu, Apple menolak permintaan FBI untuk membuka iPhone milik tersangka penembakan San Bernardino yang menewaskan 14 orang.

Dalam pembelaannya, Cook berpendapat, membuka data iPhone milik pengguna dapat mengancam keamanan seluruh pengguna iPhone.

(Bloomberg/Suara.com/Adi)

TIDAK ADA KOMENTAR