Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Terkendali Jelang dan Saat Ramadan

Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Terkendali Jelang dan Saat Ramadan

BERBAGI
Foto: Sutarmidji, Wali Kota Pontianak bersama Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan RI saat mengunjungi Pasar Tengah Pontianak/Sukardi

Jakarta, Thetanjungpuratimes.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menjamin harga kebutuhan bahan pokok menjelang atau saat bulan Ramadan akan terkendali. Hal ini disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan seluruh stakeholder untuk bahan pangan inti.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan para pengusaha dan semua pihak, jadi kami pastikan semua stok akan aman. Diharapkan nanti tidak ada gejolak harga yang signifikan,” kata Enggar, panggilan akrabnya, di Kementerian Perdagangan, Rabu (28/3/2018).

Selain itu, Mendag juga mengingatkan kepada pengusaha, pedagang, khususnya pengusaha spekulatif beras, agar melepas kebutuhan pokok tersebut dengan harga rendah. Pasalnya menurutnya, sebentar lagi pemerintah akan menggelontorkan komoditas beras ke pasaran.

“Kan HET sudah kami tentukan, mulai 1 April 2018 kebijakan ini sudah berlaku. Jadi kami minta untuk ikuti regulasi ini,” katanya.

Untuk masalah distribusi ini, lanjut Enggar, Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan agar bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengirim pasokan ke daerah-daerah.

“Nanti jelang hari-H, segera kita bahas dengan Kemenhub dan Polri. Tapi sejak jauh hari sudah dipersiapkan produksi dan distribusi ke gudang di daerah. Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) juga sudah siapkan distribution center di daerah. Itu sangat membantu,” ujarnya.

(Suara.com/Adi)

TIDAK ADA KOMENTAR