Mozilla Luncurkan Fitur Baru, Cegah Facebook Akses Data Pengguna

Mozilla Luncurkan Fitur Baru, Cegah Facebook Akses Data Pengguna

BERBAGI
Foto : Ilustrasi Mozilla (Shutterstock).

Thetanjungpuratimes.com – Mozilla meluncurkan fitur baru di browser Firefox yang memungkinkan pengguna untuk memblokir Facebook dalam mengakses data pribadi pengguna.

Fitur bernama “Facebook Container” itu akan melindungi data pribadi Anda dari Facebook. Ini berarti, Facebook tidak dapat menggunakan aktivitas web Anda untuk mengirim iklan.

Ketika Anda memasang Facebook Container, ia akan menghapus cookie Facebook dan mengeluarkan Anda dari media sosial tersebut. Saat Anda kembali membuka Facebook, Anda akan melihat centang berwarna biru.

“Containers adalah fitur yang dibangun di dalam platform Firefox yang memisahkan cookie pengguna dan data situs ke dalam tempat yang berbeda,” kata Jeff Griffiths, Product Lead for Firefox, Kamis (29/3/2018).

Dengan fitur ini, Anda tidak dapat membuka aplikasi pihak ketiga dengan akun Facebook. Selain itu, Anda mungkin juga tidak dapat memberikan komentar di situs yang menggunakan layanan Facebook.

“Ini mencegah Facebook menggabungkan aktivitas Anda di situs web di luar Facebook dengan identitas Facebook Anda,” tulis Mozilla di blog resminya.

Sebagaimana diketahui, Facebook dan platform media sosial lainnya diketahui kerap memanfaatkan data pengguna untuk kepentingan pengiklan.

Baru-baru ini, Facebook mendapat sorotan karena diduga ‘membiarkan’ Cambridge Analytica menggunakan data dari 50 juta pengguna Facebook untuk kepentingan kampanye.

Buntut kasus tersebut, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah meminta maaf dan berjanji untuk memperbaiki sistem Facebook agar data pengguna lebih aman.

(Tech Crunch/suara.com/adi)

TIDAK ADA KOMENTAR