Bareskrim Segera Panggil Facebook Indonesia

Bareskrim Segera Panggil Facebook Indonesia

BERBAGI
Foto: Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. [Suara.com/Lili Handayani]

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akan memanggil perwakilan Facebook Indonesia, terkait skandal kebocoran data-data pribadi penggunanya di Indonesia.

“Minggu lalu saya sudah berkoordinasi dengan Menkominfo dan Pak Menteri berharap segera Facebook dipanggil ke Bareskrim untuk dimintai keterangan. (waktunya) kami sedang upayakan, saya tadi pagi sudah berkoordinasi juga dengan. Direktur Tindak Pidana Siber,” kata Setyo Wasisto, Kepala Divisi Humas Polri di Hotel Diraja, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

Dia menuturkan, sebelum dipanggil Bareskrim, pihak Facebook Indonesia akan dipanggil Rabu besok (11/4/2018) oleh DPR untuk dimintai keterangan mengenai kebocoran data-data pribadi tersebut. Bareskrim tengah menjadwalkan untuk pemanggilan tersebut.

“Nanti kami lihat jadwalnya supaya tidak berbenturan,” ujar dia.

‎Sementara ini, lanjutnya, belum ada pengguna Facebook di Indonesia yang melapor sebagai korban terkait kebocoran data-data pribadi itu.

“Pencurian data belum dapat laporannya. Nanti bisa cek itu, katanya ada notifikasi dari Facebook kalau data kita (pengguna) dicuri,” kata Setyo.

‎Diberitakan pekan lalu, Facebook diketahui telah membocorkan data milik 1.096.666 juta pengguna Indonesia kepada Cambridge Analytica, sebuah perusahaan analisis politik di Inggris. Terkait itu, Setyo mengaku selain Cambridge belum ada pihak lain yang memperoleh sejuta lebih data pengguna Facebook Indonesia.

“Kalau di Indonesia sampai sekarang dari penelusuran kami dan Kominfo belum ada sejenis Cambridge. Kemarin ada satu web yang hampir mirip, yaitu menjual produk yang kami tengarai bisa mengambil data dari pengguna FB, sudah diperingatkan oleh Kominfo,” pungkasnya.

(Suara.com/Adi)

TIDAK ADA KOMENTAR