Empat Persoalan Transportasi di Kota Pontianak

Empat Persoalan Transportasi di Kota Pontianak

BERBAGI
Foto: Dekan Fakultas Teknik Untan Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT/Adi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT Menjelaskan Persoalan yang muncul di bidang transportasi adalah persoalan multi struktural karena semua orang berkepentingan dan ingin mendapatkan akses yang baik, dan semua orang harus memikirkan jalan keluar dari masalah transportasi.

Menurut Rustamaji permasalahan transportasi perkotaan khususnya pontianak di sebabkan karena  ledakan penduduk, karena daya tarik kota sehingga infrastruktur yang ada terlampaui, dan pengguna berlebihan.

“Volume kendaraan yang melebihi,meskipun jalannya bagus,tapi kalau jalan nya macet dan volume nya berlebihan tidak akan kita rasakan jalan yang mantap, melainkan kita terhambat,”ujarnya.

Permasalahan yang kedua adalah kesadaran kita bersama, walaupun pemerintah sudah melakukan berbagai cara mengatasi masalah transportasi ini, tetapi masyarakat juga harus peduli dengan permasalahan ini, kita harus  meningkatkan dan edukasi kesadaran masyarakat.

“Permasalahan ketiga adalah infrastruktur, juga di tenggarai menjadi salah satu faktor dalam permasalahan transportasi. Permasalahan ke empat  adalah politik, pemerintah eksekutif walaupun sudah membuat suatu program, tetapi program itu akan terwujud jika mendapat persetujuan dari DPR,” kata Rustamaji.

Dirinya menjelaskan, Permasalah ini harus di selesaikan,karena mempunyai dampak ada dua Dampak sosial dan dampak lingkungan.

“Tantangan ke depan Transportasi karena Belum berkembangnya multi moda, kalau kita punya multi moda yang sinergi maka kita banyak pilihan, dan perlu kajian untuk mengembangkannya, tutup Rustamaji.

(Adi)

TIDAK ADA KOMENTAR