Pemerintah Berencana Mendatangkan Dosen Asing, Ini Kata Pakar Pendidikan Untan

Pemerintah Berencana Mendatangkan Dosen Asing, Ini Kata Pakar Pendidikan Untan

BERBAGI
Foto: Dr Aswandi, Pakar Pendidikan Untan/Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com– Pakar Pendidikan Universitas Tanjungpura (Untan), Dr Aswandi M.Pd, memberikan tanggapannya terkait rencana pemerintah yang akan mendatangkan dosen asing, menurutnya hal tersebut perlu dikaji terlebih dahulu.

“Kalau memang diperlukan untuk mendatangkan dosen asing tidak ada masalah, tetapi dengan syarat harus dikaji terlebih dahulu,” ujarnya, Selasa (24/4/2018).

“Selain itu, Dr Aswandi  menegaskan, mendatangkan dosen asing akan menjadi tantangan bagi dosen-dosen di Indonesia agar menjadi lebih berkualitas,” tutur Dr Aswandi saat menjadi pembicara pada Seminar Pendidikan yang digelar Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untan, dalam rangka Wisuda Sarjana dan Pasca Sarjana FKIP Untan periode III Tahun Akademik 2017/2018, yang berlangsung di Lantai Tiga, Gedung Rektorat Untan.

Dr Aswandi mengatakan, belum lama ini, Ia bertemu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, yang menyampaikan rencana pemerintah pada tahun 2018 akan mengadakan pengangkatan PNS khususnya guru sebanyak 100 ribu orang, yang terbagi 20 ribu guru untuk Kementerian Agama dan 80 ribu guru untuk Kemendikbud.

“Pengangkatan ini dilakukan untuk mengganti jumlah guru yang pensiun dan beberapa tahun belakangan tidak ada pengangkatan guru. Syarat untuk pengangkatan PSN khususnya guru adalah dia harus sarjana dan harus memilki sertifikat pendidik dari program pendidikan profesi guru prajabatan,”ujarnya.

(Kurniadi/Sukardi)

TIDAK ADA KOMENTAR