Menteri BUMN Alami Degradasi Kepercayaan Diri Terhadap Potensi Anak Negeri

Menteri BUMN Alami Degradasi Kepercayaan Diri Terhadap Potensi Anak Negeri

BERBAGI
Foto: Najib Amrullah Ketua Indonesia Bersuara Kalbar/Istimewa

Thetanjungpuratimes.com– Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia semakin meningkat. Di tahun 2017, angka tenaga kerja asing yang masuk mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni 70%. Berdasarkan pemberitaan yang beredar, tenaga kerja asing yang paling banyak itu berasal dari Tiongkok.

Kondisi tersebut diperparah dengan dibolehkannya tenaga kerja asing untuk mengisi jabatan di pos-pos strategis. Satu diantaranya ialah posisi direktur utama Pertamina. Apabila kondisi tersebut benar adanya, maka dapat disimpulkan bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat ini sedang mengalami degradasi kepercayaan diri terhadap potensi anak negeri.

Sudah habiskah putra-putri terbaik bangsa kita yang bisa mengisi pos direktur Pertamina? Jawabannya tentulah masih banyak, bahkan sangat banyak anak bangsa yang berkompeten untuk mengisi pos tersebut.

Jika Menteri BUMN atau Presiden menjatuhkan pilihan kepada bangsa asing untuk mengisi pos Direktur Utama di BUMN, maka pemerintah dapat dikatakan tutup mata terhadap potensi anak bangsa. Kondisi bangsa yang seperti ini tak boleh dibiarkan. Disaat masih banyak lulusan S-1, bahkan S-2 yang tidak kebagian pekerjaan di pos BUMN, pemerintah malah membolehkan bangsa asing untuk mengisi pos tersebut.

Seperti yang telah diketahui, pada bulan Maret silam Presiden telah meneken regulasi untuk mempermudah masuknya TKA berupa Peraturan Presiden (Perpres) No 20/2018. Perpres tersebut ditandatangani Jokowi sebagai langkah mendukung perekonomian dan perluasan kesempatan kerja melalui peningkatan kerja.

Oleh

Najib Amrullah

Ketua Indonesia Bersuara Kalbar

(R/Adi)

 

TIDAK ADA KOMENTAR