Perempuan Benteng Ketahanan Keluarga

Perempuan Benteng Ketahanan Keluarga

BERBAGI
Foto: Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero SH Memberi Arahan Pada Anggota Organisasi Perempuan Yang Hadir Dalam Peringatan Hari Kartini ke 39 di Aula DPRD Kapuas Hulu/yohanes
Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero SH menghadiri Peringatan Hari Kartini ke 139, di Aula DPRD Kapuas Hulu, Kamis (26/4). Kegiatan tersebut diadakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Permepuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DSPKB) Kapuas Hulu. Seluruh organisasi perempuan hadir dengan busana kebaya pada momen itu.
Kepala DSPKB Kapuas Hulu, Martha Banang, menuturkan kartini berjuang mengangkat martabat bangsa. Sebab itu hari lahir kartini 21 April jadi peringatan hari kartini.
“Perubahan yang dihasilkan kartini membawa dampak besar pada kaum perempuan, khususnya kaum perempuan di Kapuas Hulu,” singkatnya.
Sementara itu Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, menuturkan bahwa peringatan kartini bukan sekedar mengenang ibu Kartini. Peringatan ini harus dijadikan momentum untuk renungan motivasi belajar, agar cita-cita kesamaan derajat manusia bagi perempuan dapat tercapai.
Kartini berjuang mendapat pendidikan setara kaum laki laki. Ini jadi pelopor emansipasi perempuan, perempuan jadi punya peran ganda. “Kemudian banyak keberhasilan perempuan dicapai oleh perempuan,” ujar Wabup.
Peringatan kartini sama dengan peringatan jasa pahlawan perempuan. Walau merupakan emansipasi, kartini tidak melupakan kodratnya. “Perempuan walau sejajar dalam pria, jangan melupa kodratnya. Terutama sebagai figur ibu,” ungkapnya.
Wabup menegaskan pemberdayaan perempuan harus terus didorong agar dapat mencapai subjek pembangunan yang proporsional.
“Setiap perempuan harus mampu jadi  benteng ketahanan keluarga. Sehingga jauh dari degradasi moral dan pengaruh narkoba. Ini untuk wujudkan masyarakat yang bermartabat,” tegasnya.
(yohanes/Adi)

TIDAK ADA KOMENTAR