Pemkot Pontianak Akan Gelar Seminar Pontianak Gov Week 2018

Pemkot Pontianak Akan Gelar Seminar Pontianak Gov Week 2018

BERBAGI
Foto: Logo Pontianak Open Gov Week 2018

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Pemerintah kota pontianak akan menyelenggarakan Seminar “Pontianak Open Gov Week 2018” dengan tema Meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan transparansi data, yang diselanggarakan selama 2 hari yaitu pada 7-8 Mei 2018 dari pukul 08.00-17.00 WIB,  berlangsung di Aula Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan barat.

Rangkaian acara pertama akan diselenggarakan pada tanggal 7 mei 2018 akan di awali dengan Seminar dengan narasumber,.Dra. Mahmudah, MM, PJS Walikota Pontianak, Rachmadin Ismail, Dari Media Online Kumparan, Prijono Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia dan Yanuar Nugroho Ph.D Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Robertus Theodore dari Kantor staff Presiden, Daniel Oscar Baskoro dari Open Government Indonesia serta Yusro M Santoso wartawan dari Media Online Beritagar.

Seminar akan mengangkat topik seputar Open Government (pemerintahan terbuka) yang diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk berkolaborasi dan terbuka dengan masyarakat dalam hal transparansi informasi serta melakukan perubahan sistem informasi kearah yang lebih baik demi tercapainya kepercayaan rakyat. Serta mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan data sebagai pemicu munculnya ide untuk melakukan inovasi inovasi baru.

Sementara tanggal 8 Mei 2018 akan di lanjutkan Workshop yang akan membahas mengenai basis data dan pengolahan data agar masyarakat mampu mengolah data menjadi informasi yang berbunyi . Setelah itu akan dilanjutkan lagi dengan visualthon competition Kompetisi akan mengangkat tema tentang Visualisasi Data, dengan nara sumber Nurul Mutiah dari Universitas Tanjungpura (Untan) dan Gama Ramadhan dari Renjana Design.

Pada workshop tersebut akan menitik beratkan pada bagaimana mengolah basis data menjadi infografis (penyajian data dengan konsep visual) agar data yang tersaji lebih mudah dimengerti oleh masyarakat.

Pontianak Open Gov Week 2018 ini memiliki tujuan untuk mengenalkan Progam Pontianak Open Data yang mendorong keterbukaan data di kota Pontianak yang melibatkan pemerintah, masyarakat, komunitas, NGO, Akademisi, Pasar dan Bank Indonesia agar dapat berkolaborasi dalam menjalankan program yang telah di rencanakan. Serta Mendorong masyarakat untuk memunculkan ide-ide / inovasi sosial melalui pemanfaatan Data Terbuka, Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk membaca dan mengolah data sehingga menjadi lebih bermanfaat serta Mempromosikan Data Terbuka kepada masyarakat di Kota Pontianak.

Dalam Pontianak Open Gov Week 2018 ini akan banyak Pihak yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Pemprov, Pemkot, Universitas-universitas, CSO, komunitas, Start up-start up yang ada di pontianak serta masyrakat umum. Acara ini juga nantinya akan di meriahkan oleh “Balaan Tumaan Ensemble” yang siap menghibur dan meramaikan Pontianak Open Gov Week 2018.

Kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat kota Pontianak dari segala kalangan, nantinya dalam acara tersebut para pelaku “Open goverment”, petinggi di pemerintah dan masyarakat umum dapat berkumpul untuk berbagi ide, mendiskusikan solusi, dan berkomitmen terhadap tingkat partisipasi dalam mewujudkan Pontianak Open data.

Untuk mendaftar  dengan mengunjungi link:http://bit.ly/ptkopengovweek2018.

Daftar di >>http://bit.ly/ptkopengovweek2018

More info >>http://bit.ly/ptkopengovweek2018

(Rilis/ Agus)

 

TIDAK ADA KOMENTAR