Ini Rahasianya Agar Tak Gampang Haus Saat Puasa

Ini Rahasianya Agar Tak Gampang Haus Saat Puasa

BERBAGI
Ilustrasi haus saat puasa

Thetanjungpuratimes.com- Bagi sebagian besar orang, menahan haus saat puasa dirasa lebih berat dibanding menahan rasa lapar. Nah, ternyata ada trik yang bisa dilakukan agar Anda tak gampang haus saat puasa.

Salah satunya adalah dengan menjaga penyimpanan air di dalam tubuh dan memastikan tubuh selalu terhidrasi. Sayangnya, saat berbuka puasa, kita cenderung mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang ‘salah’, seperti gorengan, es teh manis, atau soda untuk menyegarkan tenggorokan.

Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut justru dapat membuat Anda makin merasa haus? Terutama minuman soda yang bakal memenuhi perut dan pada akhirnya mencegah tubuh menggunakan cairan.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar tak gampang kehausan saat berpuasa.

1. Konsumsi semangka
Semangka adalah buah musim panas yang mengandung banyak air. Semangka memiliki 91 persen kandungan air dan hanya mengandung 6 persen gula. Jika Anda terlalu malas untuk menyingkirkan biji semangka, cobalah membuat smoothie atau jus semangka yang praktis dan mudah.

2. Konsumsi tomat
Tomat juga mengandung banyak air dan mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Satu cangkir tomat ceri akan memberi Anda asupan cairan yang setara dengan setengah cangkir air. Pastikan untuk memasukkan tomat dalam makanan Anda untuk menjaga tubuh tetap menyimpan cadangan cairan.

3. Konsumsi mentimun
Kandungan airnya mencapai 90 persen. Pastikan untuk menyertakan mentimun di santap sahur Anda, misal sebagai lalapan. Ini akan membuat Anda tetap segar dan nyaman ketika berpuasa di siang harinya.

4. Hindari kopi
Anda benar-benar harus menghentikan kebiasaan minum kopi selama bulan Ramadan, atau setidaknya menguranginya. Kenapa? Karena kafein akan membuat Anda lebih sering buang air kecil, yang otomatis menyebabkan tubuh Anda kehilangan cairan.

5. Hindari berkeringat
Akhirnya dan yang paling penting dari semuanya adalah hindari berkeringat yang berlebihan, dengan cara membatasi aktivitas fisik berat. Berkeringat hanya akan menguras simpanan cairan di dalam tubuh Anda dan membuat Anda kehausan.

(Suara.com/Kar)

TIDAK ADA KOMENTAR