Universitas Tanjungpura Jalin Kerjasama dengan Sesko TNI

Universitas Tanjungpura Jalin Kerjasama dengan Sesko TNI

BERBAGI
Foto: Dirkersamik Sesko TNI, Brigjen TNI Zainal Arifin SSos MM bersama Wakil Rektor I Untan, Dr Aswandi usai penandatangan kerjasama Untan dan Sesko TNI/ Sukardi

Pontianak, thetanjungpuratimes.comUniversitas Tanjungpura (Untan) menjalin kerjasama dengan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, yang diawali dengan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), berlangsung di Ruang Rapat Rektor Lantai 2 Gedung Rektorat Untan, pada Kamis pagi (31/5/2018).

MoU antara Untan dan Sesko TNI ini dihadiri oleh Direktur Kerjasama Akademik (Dirkersamik) Sesko TNI beserta jajaran, wakil rektor, para dekan serta biro perencanaan kerjasama dan hubungan masyarakat Untan.

Dirkersamik Sesko TNI, Brigjen TNI Zainal Arifin  SSos MM, mengatakan, Sesko TNI bertugas dalam penyelenggaraan pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI, jadi yang bersekolah di Sesko TNI pangkatnya kolonel, dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan ada perwakilan dari Polisi, serta dari luar negeri yakni dari Arab Saudi, India, Singapura, Pakistan dan Australia.

“Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang visioner dan profesional di bidang pertahanan, Sesko TNI mengadakan kerjasama dengan Untan, atas dasar kerjasama ini diharapkan nantinya menjadi acuan dalam penyelenggaraan operasional pendidikan sehingga memberikan manfaat bagi mantan siswa Sesko TNI yang sudah melakukan pendidikan,”ujarnya.

Pada kesempatan ini, para siswa yang berkeinginan mengajukan pendidikan pascasarjana di Untan dapat diakomodasi serta mata kuliah pada TNI dapat dikonversi ke dalam program studi di pascasarjana Untan. Sesko TNI mengharapkan, dapat mendukung dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terkini yang berperan aktif dalam mempersiapkan para pemimpin di masa yang mendatang.

Menyambung hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik Untan, Dr Aswandi, mengatakan Untan mempunyai berbagai pusat kajian yang bisa dimanfaatkan untuk kerjasama, hal ini merupakan suatu pusat riset yang dilakukan, serta Untan saat ini sudah berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang terus meningkatkan kualitas pelayanan.

“Jadi riset memperkaya pembelajaran dan pembelajaran akan memberikan wawasan yang akan diteliti. Dengan hal tersebut, Untan dapat berkontribusi membangun negara dari segala bidang, baik SDM yang berkualitas dan menyediakan hasil-hasil riset yang digunakan untuk memecahkan permasalahan yang ada di negara. Itu merupakan modal utama Untan di mana kerjasama ini dapat bersinergi saling membantu dan kedua kelembagaan Untan dan TNI semakin lebih harmonis dalam tugas yang sama untuk membangun nusa dan bangsa,”ujarnya.

(Kurniadi/Sukardi)

TIDAK ADA KOMENTAR