Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Merokok saat Puasa

Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Merokok saat Puasa

BERBAGI
Foto: Ilustrasi berhenti merokok. (Shutterstock)

Thetanjungpuratimes.com – Bulan puasa menjadi momen yang tepat bagi Anda yang berniat berhenti merokok. Ya, selama Ramadan, para perokok yang menjalankan ibadah puasa tentunya akan menghentikan kebiasaan merokok mereka, setidaknya selama setengah hari yakni dari waktu subuh hingga buka puasa.

Tentu saja perilaku yang baik tersebut sudah seharusnya dilakukan tidak hanya pada bulan Ramadan saja, melainkan seterusnya. Harapanyan tentunya dengan terus mengurangi konsumsi rokok, sang perokok mungkin bisa berhenti total.

Seperti diketahui, konsumsi rokok bisa meningkatkan risiko penyakit kanker, stroke, hipertensi, stroke, penyakit ginjal, hingga masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah tirk-trik jitu berhenti merokok saat bulan puasa, yang diharapkan bakal jadi start untuk berhenti total ke depannya:

Mulai dengan niat

Modal awal untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah dengan niat. Dengan niat, Anda akan lebih mudah menjalani setiap proses karena sudah memiliki komitmen dalam diri sendiri untuk berhenti merokok. Selain niat, penting pula untuk menentukan tujuan Anda berhenti merokok. Sehingga Anda tentunya akan termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Perlahan tapi konsisten

Memang bukan hal yang mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok secara total. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berhenti untuk merokok.

Caranya, jika pada hari di luar bulan Ramadan Anda bisa merokok kapan saja dan menghabiskan sejumlah batang rokok dalam sehari, maka saat Ramadan Anda bisa mengurangi konsumsi rokok 1-2 batang saja per hari.

Waktu merokok yang sedikit selama Ramadan akan membantu Anda terbiasa merokok dengan jumlah yang lebih sedikit. Nah, lakukan kebiasaan tersebut hingga akhirnya Anda bisa berhenti secara total.

Hindari merokok setelah berbuka

Saat berbuka puasa, Anda mungkin tak kuasa untuk segera merokok. Jika Anda memang berniat menghentikan kebiasaan tersebut, biarkan tubuh mendapatkan energi dan stamina melalui makanan dan minuman sehat. Cobalah untuk mencari kesibukan lain yang mampu mengalihkan hasrat merokok.

Aktif berolahraga

Apabila Anda benar-benar ingin berhenti merokok, cobalah untuk aktif berolahraga. Ketika Anda aktif secara fisik, otak Anda akan memproduksi zat-zat penting yang bekerja dalam mengontrol keinginan Anda untuk merokok. Anda bisa berolahraga setelah berbuka puasa minimal 30 menit dengan intensitas ringan sampai sedang.

(Gulf Times)

TIDAK ADA KOMENTAR