Ini Hasil Survei LSI pada Pilgub Kalbar 2018

Ini Hasil Survei LSI pada Pilgub Kalbar 2018

BERBAGI
Direktur LSI Network, Adjie Alfarraby merilis hasil survei Pilkada Kalbar 2018/ Agus

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah merilis hasil survei pada pilihan Gubernur Kalimantan Barat 2018 menjelang lima hari Pemilihan kepala Daerah Kalimantan Barat (22/6/2018).

Sebanyak 600 responden yang dipilih berdasarkan Multi Stage Random Sampling dan  wawancara tatap Muka dengan responden dilakukan serentak di semua kabupaten Kota di Kalimantan barat mulai tanggal 8 hingga 14 Juni 2018 serta dilakukan dengan biaya sendiri sebagai bentuk pelayanan Publik.

Dari hasil Survei tersebut Pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul di angka 48 persen, di ikuti Karolin Margret Natasa- Suryatman Gidot dengan elektabilitas sebesar 30.0 persen dan pasangan Milton Crosby – Boyman Harun dengan angka sebesar 7.2 persen sementara masyarakat yang belum memutuskan pilihannya berjumlah sebesar 14,3 persen.

Direktur LSI Network, Adjie Alfarraby mengatakan pengambilan sampel responden ini dilakukan sesuai dengan populasi masyarakat di tiap daerah pilihan.

“ Responden kita itu sebanyak 600 orang yang tersebar di semua kabupaten dan Kota yang ada di Kalimantan Barat dan Proporsional artinya mengikuti populasi pemilih di setiap daerah,”, ujarnya.

Adjie Alfarraby menambahkan data hasil Survei pilihan masyarakat ini tidak akan jauh berubah dari hasil pilkada 5 hari kedepan kecuali dengan tiga faktor yaitu, pertama adalah besar kecilnya angka golput pada pilkada,yang kedua adalah terpaan isu negatif yang massif (besar) terhadap kandidat dan yang ketiga adanya intervensi dari pihak yang memiliki akses untuk mengubah suara ( Oknum penyelenggara atau penguasa).

Dari hasil survei LSI ada 14,3 persen  masyarakat yang belum menentukan pilihan, LSI Denny JA membagi pemilih tersebut secara proporsional  pada tiga paslon maka didapatkan hasil sutarmidji-Ria Norsan menang telak dengan pemilih 56,6 persen sementara Karolin Margret Natasa- Suryatman Gidot dengan 3,0 persen pemilih dan Milton Crosby – Boyman Harun 8,4 persen pemilih.(Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR