Badko HMI Kalbar Selenggarakan Dialog Kebangsaan

Badko HMI Kalbar Selenggarakan Dialog Kebangsaan

BERBAGI

Pontianak,thetanjungpuratimes.com – Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kalbar menyelenggarakan Dialog Kebangsaan dengan mengangkat tema “Pemuda sebagai Garda Terdepan dalam Merawat dan Mempertahankan NKRI “, pada Kamis (28/6/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Magister Hukum Untan tersebut mengundang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. H. Kamarullah, S.H., M.Hum. dan Sekretaris Jenderal Majelis Wilayah KAHMI Kalbar, Kasiono, S.Pd.I., M.Pd.

Muhammad Faiz selaku ketua Badko HMI Kalbar mengatakan bahwa bertujuan untuk menyadarkan pemuda tentang pentingnya merawat dan mempertahankan NKRI.

“Terselenggaranya kegiatan ini ialah untuk menyadarkan pemuda. Artinya, kegiatan ini bertujuan agar pemuda sadar bahwa merekalah garda terdepan dalam merawat dan mempertahankan NKRI,” ungkapnya.

Faiz, dalam sambutannya juga menyampaikan pesan dan harapan terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak kemarin (27/6).

“Pilkada serentak 2018 baru saja kita laksanakan kemarin. Saya berpesan, siapapun pemenang pilkada, maka dialah pemimpin yang akan membawa Kalimantan Barat ke arah yang lebih baik. Selain itu, saya juga berharap pilkada kemarin jangan sampai memecah umat dan bangsa,” ungkapnya.

Kasiono, narasumber kegiatan menjelaskan bahwasanya pemuda berperan penting dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. Hal itu disampaikannya ketika menjadi pemateri kegiatan Dialog Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Badko HMI Kalbar.

“Pemuda punya peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan NKRI. Nilai-nilai dan jiwa-jiwa kepemudaan harus dimiliki oleh para pemuda demi menjaga keutuhan bangsa,” ungkapnya.

Di samping itu, Kasiono juga menyoroti budaya ngopi yang sedang melanda sebagian besar pemuda saat ini.

“Budaya ngopi yang tengah melanda sebagian besar pemuda saat ini tidak akan produktif apabila tidak ada topik yang dijadikan bahan diskusi, alias ngalor ngidul,” ungkapnya saat mengisi kegiatan yang dilangsungkan di Aula Magister Hukum Untan tersebut.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untan, Prof. Dr. H. Kamarullah, S.H., M.Hum, yang juga narasumber kedua kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Badko HMI Kalbar yang telah mempercayai dirinya menjadi narasumber.

“Saya sangat mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Badko HMI Kalbar yang telah mempercayai saya menjadi narasumber. Di tengah kesibukan sebagai pimpinan perguruan tinggi yang mengurusi puluhan ribu mahasiswa, saya menyempatkan mengisi kegiatan siang hari ini,” ujarnya saat memberikan materi yang bertemakan Pemuda sebagai Garda Terdepan dalam Merawat dan Mempertahankan NKRI.

Selain itu, Kamarullah juga menjelaskan tentang pentingnya komitmen pemuda dalam menjaga persatuan bangsa. Menurutnya, NKRI bisa utuh karena adanya rasa senasib sepenanggungan.

“Kemajemukan menimbulkan berbagai perbedaan. Komponen pemuda harus mampu berkomitmen untuk menyingkirkan hal itu dan lebih mementingkan persatuan bangsa. Keutuhan NKRI dapat terus terjaga karena adanya rasa senasib sepenanggungan,” tutupnya.

(R/Sukardi)

TIDAK ADA KOMENTAR