Hibah Mesin dan Alat Pertanian Melalui Kegiatan DRPM Fakultas Teknik Untan

Hibah Mesin dan Alat Pertanian Melalui Kegiatan DRPM Fakultas Teknik Untan

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Fakultas Teknik ( FT ) Untan memberikan hibah mesin dan alat pertanian Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Holtikultura di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Pemberian hibah yang difasilitasi oleh Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Ristek Dikti ini adalah hasil dari identifikasi Program Kemitraan Masyarakat FT Untan yang mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi kelompok tani di daerah itu.

Hibah yang diberikan diantaranya adalah cultivator mini traktor, mesin pompa air tekanan tinggi multi fungsi, mesin tebas dan mesin semprot hama.

Program Kemitraan Masyarakat FT untan ini diketuai oleh Ir. Junaidi., M.Sc. dengan anggota Silvia Uslianti, ST, MT., Tri Wahyudi, ST, MT., Ivan Sujana, ST, MT., Ratih Rahmahwati, ST, MT. dibantu dengan mahasiswa Program Studi Teknik Industri, diantaranya Aan, Dede, Arnila, Agus, Agesti, Ni Putu, Kamelia, Nadya, Gilang, Sandi, Muqimuddin dan Rahayu.

Ketua dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Holtikultura dengan nama Limbung Indomakmur, Walijo dan dan Mitra kedua dengan nama kelompok tani Maju Makmur yang diketuai Bapak Mujito mengucapkan terima kasih atas pemberian hibah ini.

“ kami sangat berterima kasih atas datangnya tim dari Fakultas Teknik Untan untuk memberikan solusi atas permasalahan kurangnya alat di pertanian di daerah kami ini” ucap mereka.

Sementara itu, ketua Program Kemitraan Masyarakat FT untan Ir. Junaidi., M.Sc. juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam terlaksananya program Kemitraan Masyarakat ini.

“Saya ucapan terima kasih kepada DRPM Ristek Dikti, LPPKM Untan, dan Civitas Akademika Fakultas Teknik Untan yang telah membantu”, ucapnya.

Berdasarkan identifikasi kebutuhan mitra, maka hibah melalui program PKM ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan Perguruan Tinggi sehingga Perguruan Tinggi dapat menerapkan berbagai ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk membantu masyarakat yang memerlukan melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat.

( Junaidi / Ags )

TIDAK ADA KOMENTAR