Fakultas Teknik Untan Berikan Solusi Krisis Air Bersih

Fakultas Teknik Untan Berikan Solusi Krisis Air Bersih

BERBAGI
Foto : Dr. rer. nat. Ir. R.M. Rustamaji menyerahkan instalasi pengolahan air bersih

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com- Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura terus berinovasi dalam memecahkan berbagai masalah masyarakat terutama terkait krisis air bersih. Salah satunya upayanya yakni melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan pada April hingga Agustus 2018 dalam menyediakan air bersih untuk Pondok Pesantren An-Nur dan Pondok Pesantren Darussalam Kecamatan Sungai Kakap, kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim PKM yang diketuai oleh Dr. rer. nat. Ir. R.M. Rustamaji, M.T dan Kiki Prio Utomo ST, M.Sc sebagai anggota tim. Rangkaian kegiatan terdiri dari perencanaan, sosialisasi dan pelatihan pengolahan air bersih, pembuatan instalasi pengolahan air bersih, dan monitoring. Pada kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan air bersih bertujuan meningkatkan pemahaman mitra tentang pentingnya air bersih dan dampaknya bagi kesehatan, mampu mengoperasionalkan dan merawat instalasi pengolahan air bersih yang telah diberikan sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Program ini bersifat problem solving, komprehensif, bermakna, tuntas, dan berkelanjutan (sustainable).

Ketua Tim PKM Dr. Rustamaji, M.T  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya PKM pengadaan air bersih berkelanjutan ini.

“ Kami sangat berterima kasih kepada Ditjen Risbang Kemenristekdikti yang telah mendanai kegiatan ini, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada mitra kami Pondok Pesantren An-Nur dan Pondok Pesantren Darussalam  yang telah menyambut baik kegiatan ini serta antusias dan animo yang cukup tinggi yang berikan mitra dalam menerima teknologi tepat guna instalasi pengolahan air bersih”.

Dr Rustamaji yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik Untan berharap mitra yang diajak bekerjasama dapat secara mandiri dalam mengolah air bersih kedepan sehingga dapat membantu masyarakat lainnya mengatasi krisis air bersih bagi kesehatan masyarakat.

(Rilis/ Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR