Peserta Peksimida Kalbar Menuju Peksiminas di Yogyakarta

Peserta Peksimida Kalbar Menuju Peksiminas di Yogyakarta

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Puncak kompetisi seni bagi mahasiswa,Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah Kalimantan Barat (Peksimida) berlangsung sangat meriah di gedung Anex Untan (18/08/2018).

Adapun cabang atau tangkai seni yang diperlombakan ada 13 cabang dari 15 cabang seni nasional yaitu Nyanyi solo Pop, Dangdut, Keroncong, Baca puisi, Monolog, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Fotografi, Desain poster, Lukis, Komik Strip, Vokal Group dan Tari minus Seriosa dan Penulisan Lakon.

Ketua panitia, Drs. Ishak Ismail mengungkapkan bahwa Pelaksanaan lomba dilaksanakan di berbagai tempat, pada tanggal 7  hingga 18 Agustus 2018 yang dipusatkan di Gedung Anex Untan dan BAPSI Untan, sedangkan  tanggal 13 hingga 14 Agustus 2018 lomba seni Fotografi dan Desain Poster di laksanakan di Stikes Yarsi dan Lomba Lukis dan Komik Strip pada tanggal 13-14 Agustus 2018 di adakan  di IKIP-PGRI Pontianak.

Drs. Ishak Ismail  mengatakan peserta yang  ikut ambil bagian pada seleksi Peksimida kali ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi yang ada di kalimantan barat.

“Peserta  lebih kurang ada 15 PTN/PTS se Kalbar , termasuk STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Saya berbahagia sekali karena PTN/ PTS antusias berpartisipasi mengikuti seleksi peksimida ini”, ungkap Ishak Ismail.

Sementara itu, Prof. Dr. Kamarullah, SH, M.Hum selaku Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Kalbar sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untan mengatakan, bahwa seleksi Peksimida ini merupakan pembinaan atau pengembangan seni mahasiswa baik di daerah maupun nasional yang bertujuan meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni dikalangan mahasiswa dan merupakan kegiatan ekstrakuler mahasiswa .

Pemenang  juara 1 akan menjadi wakil Kalimantan barat yang akan diikutsertakan di tingkat nasional. BPSMI Kalbar akan melakukan pembinaan sebelum keberangkatan tim ke tingkat nasional, mereka dibina dan dilatih kembali oleh tim yang ditunjuk, agar mempertajam kualitas peserta. “Sebagai catatan pada 2 tahun lalu (2016) BPSMI Kalbar menoreh prestasi dicabang lomba nyanyi Dangdut putri juara 2 atas nama Citra Dewi dari Untan-FKIP. Sedangkan dewan juri yang ditunjuk indenpende secara profesional diambil diluar kampus, seniman, pelaku seni dan penyanyi”, ungkap Ishak.

Pelaksanaan Peksimida Kalbar dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan diselenggarakan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) kalbar .Pemenang dari seleksi Peksimida dalam rangka persiapan mengikuti seleksi Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional (Peksiminas) yang tahun 2018 ini akan diadakan di Yogyakarta bulan Oktober akan datang.

(Rilis/ Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR