Pengalaman Ririn Putri Fania Mengajar di Thailand

Pengalaman Ririn Putri Fania Mengajar di Thailand

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Ririn Putri Fania Mahasiswi FKIP Untan  Prodi Pendidikan Kimia menceritakan pengalamannya melakukan praktik mengajar selama satu bulan dari tanggal Empat Agustus hingga Empat September di Thailand.

Ririn melakukan praktik mengajar di salah satu Sekolah menengah Pertama Chiang Rai Municipality School 6, Provinsi Chiangrai, Thailand.

Ia menjelaskan bahwa belajar mengajar di sekolah thailand tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, namun waktu belajar sekolah sedikit berbeda.

“Kalau di thailand mereka masuk setengah sembilan pagi dan pulangnya  jam 4 sore, dan satu jam pelajaran itu 50 menit jadi lebih lama,guru disana biasanya dua jam pelajaran, guru brieving 5 menit agar siswa tidak merasa bosan”, ungkapnya.

Ririn menambahkan bahwa sarana dan prasarana di tempat dirinya  mengajar sangat mendukung proses belajar mengajar.

“ Kebanyakan guru menjelaskan pakai power point karena sudah ada proyektor, disana juga TV, speaker juga ada kalau mau mutar video juga enak”, ujar Ririn.

Karena itu Ia ingin menerapkan pengajaran dengan visualisasi yang ia lihat di tempat praktik mengajar dapat ia aplikasikan di sekolah Ia mengajar nantinya di Indonesia.

“Saya sudah beberapa kali observasi guru IPA di sana lebih sering mengaitkan dengan visual, jadi langsung mengaitkan dengan kehidupan langsung , ketika guru menjelaskan ada langsung contoh nyata agar siswa lebih paham, melihat itu saya juga tertarik untuk menerapkan itu”, ucapnya.

Ririn mendapat kesempatan melakukan praktik mengajar melalui  The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), organisasi yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi di negara Asia tenggara mengajar di Negara ASEAN.

(Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR