Targetkan Akreditasi A, Untan Lakukan Simulasi Visitasi APT

Targetkan Akreditasi A, Untan Lakukan Simulasi Visitasi APT

BERBAGI
Foto: Rektor Untan, Prof Dr. Thamrin usman DEA mempresentasikan perkembangan Untan pada simulasi visitasi Akreditasi Perguruan Tinggi(19/09/2018)/agus

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka peningkatan Akreditasi Institusi Menuju A, Universitas Tanjungpura (Untan) menggelar simulasi visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (APT), kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Rektorat Untan, pada Rabu (19/9/2018).

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Untan dan Wakil Rektor, Direktur Lembaga, Kepala Biro dan para Dekan di lingkungan Untan serta Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dr.Ing.Ir. Danu Ariono, DEA (ITB) dan Dr. Ir. Suhanan, DEA (UGM) yang melakukan penilaian pada simulasi visitasi akreditasi Untan selama Dua hari dari Tanggal 18 sampai dengan 19 September 2018.

Dr. Ir. Suhanan, DEA menyampaikan, yang terpenting dari proses akreditasi adalah bagaimana membangun mutu di sebuah perguruan tinggi negeri.

“Proses akreditasi sebetulnya lebih menekankan bagaimana penjaminan mutu yang menjadi sebuah budaya, proses akreditasi adalah alat untuk mengukur, jadi yang lebih dipentingkan dari proses akreditasi adalah bagaimana membangun mutu di sebuah perguruan tinggi negeri,” jelasnya.

Foto: Asesor BAN PT Dr.Ing.Ir. Danu Ariono, DEA (kanan) dan Dr. Ir. Suhanan, DEA(kiri)

Dr. Ir. Suhanan, DEA menjelaskan, Untan telah mempersiapkan tim Task Force yang bertugas menyiapkan dokumen termasuk borang, terlepas dari kekurangan dan kelengkapan data nanti akan disempurnakan, dengan waktu yang tersisa ini Untan bisa meningkatkan kualitas dari penulisannya dan kualitas dari data yang disiapkan.
“Selama dua hari ini kami dari tim Dikti sudah membaca dokumen borang, dan kami telah mencoba memahami apa yang telah ditulis dalam borang tersebut, dan masih kita temukan beberapa kelemahan baik dalam sistematika penulisan maupun dalam dukungan data. Kami juga telah melihat dukungan bukti data pendukung yang nantinya akan dilihat pada saat visitasi, dan diharapkan pada hari ini baik dari sisi penulisan borang maupun data pendukung sudah bisa lengkap,” jelasnya.

Dr Suhanan menambahkan, Untan berpeluang untuk akreditasi A, pihaknya telah memberi catatan untuk penyempurnaan borang baik dari sisi tata tulis maupun dari kelengkapan data pendukung.

“Hampir semua perguruan tinggi memiliki peluang untuk mendapatkan akreditasi A, asalkan mereka bekerja dan serius dalam menyiapkan borang,” pungkasnya.

(Ikur/Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR