Melalui Welcoming Day, HI Untan Kobarkan Semangat Kompetisi

Melalui Welcoming Day, HI Untan Kobarkan Semangat Kompetisi

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Bertempat di Aula Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, segenap mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar acara puncak penyambutan mahasiswa baru 2018.

Rangkaian acara bertajuk Welcoming Day dengan mengangkat tema ‘Agent of Change’ tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta segenap dosen Prodi HI Untan. Acara digelar sebagai akhir dari kegiatan pelatihan penulisan Essay dan Public Speaking yang sudah dilaksanakan pada Bulan September. Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III, M Sabran Akhyar juga melantik Pengurus Baru Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (Komahi) periode 2018/2019.

Acara Welcoming Day merupakan bagian dari rutinitas yang sudah berlangsung sejak 2015. Setiap mahasiswa baru diajak untuk dapat bersinergi dengan para sivitas akademika yang ada di fakultas untuk membawa nama HI Untan berkibar baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal itu dilakukan dengan adanya kegiatan pelatihan seperti penulisan Essay dan Public Speaking yang didampingi langsung oleh tenaga pengajar yang ada di prodi HI Untan.

Pelatihan tersebut dipandang efektif dengan capaian seperti Juara 2 yang diraih oleh Uray Anita Kumalawati dan Anggi Fitra Pradana yang berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional di UPN Jakarta pada tanggal 28-29 September lalu. Juga capaian Arum Aura Islami dan Rezky Apriliantini yang berhasil menyabet juara pertama dan ketiga esai terbaik dalam Pendidikan dan Pelatihan Dasar Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi yang bertempat di Gedung Annex Untan 30 September lalu. Serta, terpilihnya Retno Riyanti dan Devi Amelia Kartika dari HI 2018 sebagai delegasi Universitas Tanjungpura dalam kegiatan International Academic and Innovation Exchange di Singapura pada Desember mendatang.

Sabran Achyar selaku Wakil Dekan III FISIP Untan dalam sambutannya mengapresiasi gebrakan baru yang dihasilkan oleh prodi HI. Beliau berharap mahasiswa dan pengurus Komahi yang baru dapat bersinergi dengan para himpunan prodi lain agar dapat membawa nama FISIP baik di tingkat regional, nasional, dan juga internasional.

“Tidak hanya dapat bersinergi dengan baik, semoga Komahi dapat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ke daerah perbatasan yang ada di Kalimantan Barat. Hal itu dapat dilakukan seperti menyampaikan informasi mengenai diplomasi perbatasan di Sajingan dan Entikong sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia,” harapnya.

Senada dengan Wakil Dekan III, Ketua Komahi terpilih Ihsan Gumelar Senja juga berharap dengan adanya kepengurusan yang baru, Komahi dapat lebih bergerak dan melahirkan banyak prestasi. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para panitia karena Welcoming Day sudah dapat terlaksana dengan baik. Ihsan dalam masa jabatannya akan didampingi oleh beberapa departemen seperti Departemen Pembinaan dan Pengembangan SDM, Departemen Dalam Negeri, Departemen Luar Negeri, Departemen Kewirausahaan, dan Departemen Kominfo.

Runtutan agenda Welcoming Day juga dikemas dalam bentuk sharing session dengan beberapa anggota AIESEC Untan, Talk Show mengenai ekonomi internasional, pembagian reward kepada para pemenang lomba Essay dan Public Speaking, serta pengukuhan mahasiswa baru HI 2018.

(Zet Saradiwa/ Adityo Sudagung /Sukardi)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR