Kegiatan PHBD, UKM Mipa Science Institute FMIPA Untan Peroleh Rp 40 Juta

Kegiatan PHBD, UKM Mipa Science Institute FMIPA Untan Peroleh Rp 40 Juta

BERBAGI
Foto: Anggota PHBD 2018 Universitas Tanjungpura bersama dekan FMIPA Untan Afghani Jayuska S.Si M.Si/ist

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Torehan Prestasi UKM Mipa Science Institute FMIPA Untan lolos didanai Kegiatan PHBD 2018 oleh Kemenristekdikti, melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD) Kemenristekdikti RI peroleh dana Rp 40 juta, Dimana ini adalah kedua kalinya MSI FMIPA Untan mengikuti Program PHBD ditahun 2017 dan 2018.

Mahasiswa pelaksana PHBD ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif , mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Jumlah tim Anggota PHBD 2018 Universitas Tanjungpura terdapat 15 anggota dengan program studi yang berbeda-beda, yaitu dari prodi Geofisika, Kimia, Ilmu Kelautan, dan Fisika.

Ketua Tim PHBD Untan, Rahwanda Harapan besar melalui kegiatan bina desa ini bisa menjadi tolak ukur bagi kegiatan-kegiatan lainnya. “Diharapkan pula bisa menginspirasi para mahasiswa lainnya, Sehingga semakin banyak torehan prestasi yang diraih mahasiswa Untan yang secara tidak langsung pula bagian dari perwujudan dalam Tri Darma Perguruan Tinggi di kampus tercinta,” ucapnya.

“Pemberdayaan Masyarakat Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya Berbasis Usaha Integrasi Dalam Budi Daya dan Produksi Minyak Atsiri Serai Wangi (Cymbopogon Nardus L.) Tahap II” Dari Usaha ini harapan tercapainya semoga bisa meningkatkan pendapatan penghasilan perekonomian masyarakat disana,” kata  Rahwanda.

Rahwanda Mahasiswa FMIPA Untan tersebut pun membeberkan, sebelum proposal tersebut disetujui dan memperoleh pendataan dari Pemerintah Pusat, timnya melakukan beberapa tahapan.

“Setidaknya ada 3 tahapan yang harus kami lalui, dimana total yang mengikuti kegiatan ini ada sekitar 2661 proposal tahap awal. Hingga akhirnya pada Juni 2018 ini, kami terpilih salah satunya. Melalui program itu, total ada sekitar 75 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang proposalnya disetujui serta didanai,” pungkasnya.

PHBD adalah salah satu program softskill rutin dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa.

 

(R/adi)

 

TIDAK ADA KOMENTAR