Peringati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Gandeng DPD KNPI Ketapang...

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Gandeng DPD KNPI Ketapang Gelar Dialog Kepemudaan dan Pendidikan

BERBAGI

Ketapang, thetanjungpuratimes.com– Komunitas Relawan Peduli Pendidikan Perahu Edukasi Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan DPD KNPI Ketapang mengadakan Dialog Kepemudaan dan Kependidikan dengan mengangkat tema “Pemuda Milenial, Pendidikan Zaman Now” yang berlangsung di Gedung KNPI Ketapang Jalan RM Sudiono Nomor 01 Kelurahan Tengah Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Minggu (28/10/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Ketapang yang diwakili Assisten II Sekretariat Daerah Bidang Ekonomi, H. Farhan S.E., M.Si. Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat, S.I.K., M.H. Ketua DPD KNPI Ketapang, Junaidi, S.P, M.Si. Komisioner KPU, Ahmad Shiddiq, S.Sos.I, Kabid Kepemudaan Dispora Kabupaten Ketapang, Kasat Binmas Polres Ketapang, AKP Sutrisno, perwakilan Kodim 1203 Ketapang, Kapten Suyono, Pimpinan Organisasi Kepemudaan Se-Kabupaten Ketapang, Pimpinan BEM Perguruan Tinggi se-Ketapang, Pimpinan OSIS SMA se-Ketapang dan para relawan Komunitas Peduli Pendidikan Kabupaten Ketapang serta seluruh tamu undangan.

Kegiatan Dialog Kepemudaan dan Kependidikan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan oleh DPD KNPI Ketapang dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Kegiatan yang sudah terlaksana adalah Apel Kepemudaan yang dilaksanakan di Lapangan Sepakat Ketapang, dan pada Minggu yang akan datang dilaksanakan kegiatan Jalan Sehat dan Donor Darah yang melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten ketapang.

Narasumber dalam Dialog Kepemudaan dan Kependidikan ini yakni Ahmad Shiddiq, S.Sos.I Komisioner KPUD Ketapang, Dr. Wahyono, M.Pd selaku Akademisi Dosen STAI Al-Haudl Ketapang, AKP Sutrisno Kasat Binmas Polres Ketapang, dan Junaidi, SP., M.Si Tokoh Kepemudaan Ketua KNPI Ketapang.

Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Suhardi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi antara pengurus kedua organisasi ini pada 2 bulan terakhir, dan dalam persiapan kegiatan, banyak donatur-donatur yang sukarela mendukung penuh terselenggaranya kegiatan ini, baik itu dukungan moril maupun materil.

“Perlu diketahui bahwa acara ini dapat terlaksana karena dukungan dan usaha semua pihak. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini. Dari kegiatan Dialog Kepemudaan dan Pendidikan ini kami berharap agar mendapatkan hasil yang baik, menjadikan pemuda untuk memahami peran sebagai seorang pemuda sesungguhnya yaitu pemuda sebagai harapan bangsa dan generasi massa depan,” harapnya

Fachrur Rizal selaku Koordinator Dewan Pengurus Daerah Komunitas Perahu Edukasi Ketapang menyampaikan bahwa dengan terbentuknya komunitas yang bergerak di bidang peduli sosial dan pendidikan ini diharapkan agar mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dalam segala upaya dan langkah-langkahnya dalam ikut serta menyelamatkan dan memperbaiki kondisi pendidikan di Ketapang khususnya di daerah pedalaman yang terpinggirkan dan terisolir akibat kurangnya sentuhan perhatian dari pemerintah.

“Perhatian dari pemerintah Kabupaten Ketapang tentu kami harapkan untuk komunitas ini, karena sebesar dan sebanyak apapun relawan di komunitas ini jika tidak mendapatkan perhatian dan dukungan dari pemerintah maka akan sia-sia semua program yang dibuat. Maka dari itu, perlu adanya sinergitas yang kuat antara pemerintah dan komunitas ini,”ujarnya.

Usai kegiatan Dialog ini, Fachrur Rizal menyampaikan bahwa akan ada program kegiatan lanjutan yang akan dilaksanakan salah satunya adalah Perahu Edukasi Ketapang Goes To School dengan menggandeng Binmas Polres Ketapang dan BKKBN Ketapang untuk mengadakan sosialisasi serta pembinaan bagi siswa Se-Kabupaten Ketapang.

Brigadir Polisi Firmansyah selaku Pembina Komunitas Perahu Edukasi Ketapang, menuturkan bahwa kegiatan ini pertama kalinya digelar oleh komunitas ini, tentu semuanya dipersiapkan dengan segala kondisi yang penuh dengan kesederhanaan. Hal ini tak membuat para relawan Perahu Edukasi patah semangat untuk melaksanakan kegiatan Dialog ini.

“Selaku pembina saya berjanji akan lebih banyak lagi kegiatan demi kegiatan yang kami laksanakan seperti pasca kegiatan dialog ini usai, kami semua akan mengunjungi SDN 02 Satong Ketapang untuk melakukan pembinaan dan memberikan motivasi kepada siswa-siswi di sana,” tuturnya.

Dalam Kesempatan ini, Kapolres Ketapang AKBP Yury Nurhidayat menyampaikan kepada peserta dialog bahwa peran pemuda dalam kemajuan suatu bangsa tidak dapat dipisahkan.

“Pemuda adalah elemen penting dalam menjadi agen perubahan serta kemajuan suatu bangsa melalui inovasi, efektifitas dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan berpondasikan iman dan taqwa,” ujarnya.

Tak lupa Bapak kapolres Ketapang berpesan di era dunia digital yang tanpa batas ini, informasi dapat diperoleh dimana saja dan dari siapa saja. Generasi masa kini harus berusaha dan mampu menjadi bijak terutama dalam penggunaan media sosial.

“Kita bisa berguna dan bertambah pintar apabila menggunakan media sosial dengan benar, tapi kita juga bisa menjadi penyebar hoax dan menjadi keliru apabila kita menggunakan media sosial dengan tidak bijak dan tidak benar,” pesannya.

H. Farhan selaku Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang menyampaikan bahwa pada prinsipnya beliau sangat menyambut baik dengan terbentuknya Komunitas yang peduli terhadap Pendidikan Kabupaten Ketapang, hal ini menjadi penting untuk diperhatikan mengingat komunitas semacam ini belum ada di Kabupaten Ketapang.

Maka untuk itu pemerintah dalam hal ini memberikan apresiasi penuh serta mendukung upaya dan langkah-langkah Komunitas Perahu Edukasi Ketapang ini dalam rangka ikut andil menyelamatkan serta memperbaiki kondisi pendidikan yang ada di Ketapang. Lebih lagi dengan adanya komunitas ini selaras dengan visi-misi pemerintahan Kabupaten Ketapang.

“Kami Pemerintah Kabupaten Ketapang sudah lama menunggu adanya sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan, pada hari ini saya mewakili pemerintahan Kabupaten Ketapang sangat senang dan menyambut baik serta mendukung penuh atas terbentuknya Komunitas Perahu Edukasi Ketapang,” katanya.

H. Farhan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap komunitas ini dapat menjadi wadah berkumpulnya para relawan-relawan yang konsen dan peduli terhadap kondisi pendidikan di Kabupaten Ketapang.

“Tentu kami berharap pula agar antara pemerintah Kabupaten Ketapang dan Komunitas Perahu Edukasi Ketapang ini mampu bersinergi dalam mewujudkan pendidikan yang baik di Kabupaten Ketapang,” tutupnya

Kemudian kegiatan Dialog Kepemudaan dan Pendidikan ini dengan resmi dibuka langsung oleh H. Farhan selaku Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Diaglosa Band dengan banyak menyanyikan hiburan lagu-lagu kebangsaan dan lagu pop.

(Fachri/Sukardi)

TIDAK ADA KOMENTAR