Peringati HMPI 2018, Fakultas Kehutanan Untan Tanam Pohon di Taman Digulis Pontianak

Peringati HMPI 2018, Fakultas Kehutanan Untan Tanam Pohon di Taman Digulis Pontianak

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Untan) bersama PLN dan Pemerintah Kota Pontianak melaksanakan penanaman serentak 22.000 pohon yang tersebar di 22 unit PLN se-Indonesia. Secara simbolis penanaman pohon tersebut berlangsung di area Taman Digulis Pontianak, pada Rabu (28/11/2018) pagi.

Kegiatan penanaman pohon ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan Untan, Dr. Ir. H. Gusti Hardiansyah M.Sc QAM IPU, General Manager PLN Kalbar, Richard Safkaur, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, tamu undangan serta mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan.

Dr Gusti Hardiansyah mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan tindaklanjut dari program penghijauan kerjasama antara Fakultas Kehutanan Untan dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalbar.

“Berbagai jenis pohon yang ditanam di antaranya Ulin dan Meranti, ada 1000 pohon dengan rincian  sebanyak 300 pohon untuk Kota Pontianak, 300 pohon untuk Kabupaten Kubu Raya dan 400 pohon untuk Kabupaten Landak.  Kami melibatkan mahasiswa untuk membantu memonitoring pohon yang sudah ditanam, dan ini menjadi peluang riset,”ujarnya.

Dr Gusti Hardiansyah menjelaskan, banyak manfaat menanam pohon ini di antaranya untuk membersihkan udara dari polusi, pohon juga memiliki filosofi sebagai pembaca cuaca yang dapat memberikan tanda, pada musim kemarau pohon menggugurkan daunnya.

“Pohon sangat peka terhadap lingkungan sekitarnya. Pohon dapat bersimbiosis dengan serangga dan burung yang menyebarkan biji pohon itu, sehingga pada suatu kawasan yang ditumbuhi pepohonan pasti memiliki ekosistem yang lengkap dan terjaga serta rantai makanan yang terus menerus berlanjut” tuturnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

(Sukardi)

TIDAK ADA KOMENTAR