Fakultas Teknik Gencarkan PKM Upaya Wujudkan Untan Goes to Pimnas

Fakultas Teknik Gencarkan PKM Upaya Wujudkan Untan Goes to Pimnas

BERBAGI
Foto : Civitas Akademika Fakultas Teknik Untan Gencarkan PKM Wujudkan Untan Goes to Pimnas / Rahayu Wulandari

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Baru – baru ini Universitas Tanjungpura (Untan) tengah disibukan dalam urusan PKM. Program kreativitas mahasiswa (PKM) adalah suatu ajang lomba bergengsi yang diadakan oleh Kemenristekdikti setiap tahun nya, tim yang lolos seleksi nasional akan mendapatkan dana hibah sebesar Rp 5.000.000,00 hingga Rp 12.500,000 .

Wajar saja jika banyak mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia yang berminat untuk mengirimkan karya terbaik dan semangat untuk berkompetisi menciptakan suatu ide dan karya yang terkadang diluar dari ekspetasi manusia. Goes To Pimnas, ya itulah tema yang diusung oleh UNTAN pada tahun ini. Tema ini mengandung makna bahwa untan telah menargetkan setidaknya ada tim PKM yang lolos mewakili Untan untuk berkompetisi hingga ke Pimnas.

Dalam upaya pencapaian target tersebut, diperlukannya usaha yang maksimal dari semua elemen pendukung, tanpa terkecuali juga fakultas. Fakulas teknik merupakan salah satu fakultas yang selalu berkontribusi mengirimkan mahasiswanya untuk turut andil dalam pencapaian target yang telah ditetapkan oleh Untan, Dua bulan sebelum dilakukannya penilaian internal oleh untan, perwakilan 11 himpunan, beberapa dosen pembimbing, dan pihak fakultas telah menyusun konsep dan melakukan persiapan yang matang untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan PKM. Tahap awal yang dilakukan oleh Fakultas Teknik Untan, yakni mengadakan kegiatan sosialisasi kepada seluruh mahasiswa.

Tidak tanggung – tanggung, pihak panitia mengundang para pakar yang telah mengerti betul mengenai PKM, diantaranya ada Ari sebagai salah satu tim penilai Internal Untan, Gusti sebagai salah satu pemuda berprestasi, terutama dalam bidang karya tulis , dan beberapa ketua kelompok yang telah lulus pendanaan PKM tahun sebelumnya. Tujuan dari adanya sosialisasi adalah untuk mensosialisasikan informasi – informasi yang berkaitan dengan PKM, baik itu tahap – tahap pelaksanaan, persyaratan yang harus dipenuhi, pemaparan contoh PKM Lima bidang yang telah lulus pendanaan tahun sebelumnya, dan beberapa motivasi untuk memacu semangat mahasiswa dalam menulis proposal PKM.

“ Fakultas akan memfasilitasi mahasiswa dalam mempersiapkan PKM, jika perlu undang pemateri dari luar, fakultas akan menanggung semua biaya nya ”, ujar Yusuf selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni fakultas teknik.

Untuk memaksimalkan kelas mentoring dibuatnya grup diskusi via whatsaap, dimana grup tersebut berisikan para mentor dan mahasiswa yang akan mengajukan PKM . Segala pertanyaan yang tidak diketahui mengenai PKM dapat disampaikan dalam grup , dengan tujuan menemukan solusi dan titik terang dari ketidaktahuan tersebut. Untuk menambah gencarnya publikasi terkait PKM, dilakukannya penyebaran informasi melalui media cetak dan media sosial. Setiap mading yang ada di Fakultas Teknik dipasang pamflet mengenai informasi PKM, dengan tujuan agar mahasiswa yang lewat melalui mading – mading kampus dapat membaca informasi tersebut.

Grup – grup kelas dan grup angkatan setiap hari nya diributkan dengan notifikasi masuk mengenai informasi ter- update seputar PKM. Gencarnya usaha para mentor dan pihak fakultas tidak hanya sampai disini . Untuk mengetahui perkembangan setiap minggunya oleh semua tim, dibuatnya kelas workshop mentoring PKM , aktivitas kelas dibimbing langsung oleh  mentor – mentor handal yang telah berpengalaman dalam mengurusi PKM. Agar proses kelas dapat lebih efisien  dan efektif para mentor dibagi menjadi empat sampai lima orang per bidang nya, dengan tujuan agar bimbingan dpat lebih terfokus.

Kelas mentoring hanya dilakukan satu kali dalam seminggu, namun jika ada tim yang hendak melakukan bimbingan dapat menghubungi mentor dan melakukan bimbingan di luar jam kelas mentoring.

“ kami para mentor akan selalu siap untuk membimbing dan mengayomi adek – adek dalam mempersiapakan proposal pkm nya, tanyakan semua yang tidak kalian ketahui, kami akan siap menjawab dan memberikan solusi”, ujar Yulita yang merupakan salah satu mentor yang telah berpengalaman, karena Dua tahun sudah Yulita di beri kepercayaan oleh pihak fakultas menjadi mentor PKM dan PHBD.

Tujuan dari di bentuknya kelas mentoring pkm ini untuk memantau hasil perkembangan setiap tim nya, sebagai wadah untuk sharing – sharing mengenai kebingunan dan ketidaktahuan yang terjadi selama mempersiapkan proposal pkm.  seminggu sebelum pendaftaran, bimbingan yang dilakukan oleh para mentor lebih intensif, yang dimana semula hanya satu kali dalam seminggu, kini kelas dapat dilakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu .

“ untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka diperlukannya usaha yang maksimal, panitia dan para mentor akan menjalankan amanat dengan penuh tanggung jawab dan totalitas hingga akhir ” , ungkap Jesuli ketua pelaksana kegiatan sosialisasi dan workshop pkm.

“ kelas mentoring sangat bermanfaat buat saya, karena kebanyakan mahasiswa fakultas teknik kurang literasi sehingga tidak mentehaui mengenai kaidah penulisan yang benar, dan dengan adanya kelas mentoring ini dapat sebagai wadah untuk sharing mengenai ketidaktahuan pada peserta mengenai apa – apa yang belum diketahui dari segi tim pengajuan pkm”, ujar Ramadhan salah satu tim yang lolos seleksi internal Untan.

Dari target yang ditentukan oleh pihak fakultas dan para mentor, harapannya fakultas teknik dapat mengirimkan 80 judul dari berbagai bidang yang berbeda, namun setelah hari terakhir pendaftaraan di untan, teknik hanya mampu mengirimkan 71 judul, yang terdiri dari 16 PKM Penelitian, 30 PKM Kewirausahaan, 12 PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 10 PKM Karsa Cipta , dan 3 PKM Penerapan Teknologi.  Dari 71 judul yang diajukan, proposal yang lolos seleksi internal untan sebanyak 41, dan teknik merupakan salah satu fakultas yang menyumbang proposal terbanyak untuk seleksi ke tahap nasional. Gencarnya usaha publikasi dan kelas mentoring yang dilakukan oleh para mentor, dosen pembimbing, dan pihak fakultas tidak sia – sia.

“ Harapan pada seleksi nasional , 41 proposal yang tembus dari fakultas teknik tersebut banyak proposal yang dapat di danai oleh pusat, bahkan dapat wujudkan target untan untuk goes to pimnas”, ungkap jordi salah satu mentor pkm dan salah satu tim pkm yang lolos pada seleksi Internal Untan.

Kegiatan mentoring dan sosialisasi tidak berhenti sampai disini, para mentor telah menyusun beberapa konsep dan progam untuk mempersiapkan tim – tim yang lolos seleksi nasional , dan kelas akan berlanjut hingga ke tahap akhir sampai ke pimnas berakhir.

(Rahayu Wulandari)

TIDAK ADA KOMENTAR