Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Serukan Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu 17 April 2019

Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Serukan Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu 17 April 2019

BERBAGI

Thetanjungpuratimes.com – Dalam torehan sejarah bangsa Indonesia, pemuda selalu menjadi lokomotif persatuan untuk menjaga keutuhan, ketentraman, keamana dan Persatuan negara kesatuan republik Indonesia. Jika pesta demokrasi membawa perpecahan yang membuat seluruh cita-cita kita sebagai pemuda bangsa Indonesia ikut pecah demi menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara adidaya 2045. Maka persatuan mahasiswa dan pemuda dalam perbedaan pandangan politik menjadi wajib bahkan tak terelakkan serta dilindungi oleh undang-undang.

Oleh sebab itulah, sebagai bagian dari warga masyarakat Indonesia yang berdiri dalam lingkaran kepemudaan yang peduli terhadap kerukunan dan kedamaian dalam berkehidupan bermasyarakat Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Kalimantan Barat ikut andil dalam hal mensukseskan pemilihan umum (Pemilu) yang akan dihelat pada 17 April 2019 yang akan datang ini dengan aman, damai sejuk dan berkualitas.

Terkait hal itu, sebagaimana harapan yang disampaikan ketua umum komunitas perahu edukasi Ketapang Fachrur Rizal menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan pemilu ini menghimbau kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten Ketapang tak hanya fokus pada pelaksanaan dan pengawasan saja, namun ada hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu keikutsertaan peserta pemilu pemilih pemula yang baru berusia 17 tahun. Meski terdapat kewajiban dalam memilih sebagaimana tertuang dalam peraturan perundang-undangan bahwa batas minimal dalam menjadi bagian dari peserta pemilu adalah 17 tahun. Namun KPU dan Bawaslu perlu adanya upaya untuk melakukan edukasi terhadap pemilih pemula agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Salah satu upaya dalam mengedukasi pemilih pemula tentu dapat dilakukan dengan cara yang paling mudah dan praktis yaitu dengan mensosialisasikan lewat media. Maksudnya, zaman sekarang tidak ada pemuda yang tak menggunakan sarana sosial media dalam kehidupannya sehari-hari apalagi maraknya gadget berbasis Android sudah bisa dinikmati oleh anak-anak sekarang.

Selain dari pada itu, masyarakat juga dapat ikut serta dalam mensosialisasikan kepada pemilih pemula ini untuk terlibat aktif untuk menjadi bagian dari pada peserta pemilu. Terlebih lagi dalam hal ini peran orang tua juga diperlukan dalam mengedukasi anak-anaknya yang sudah berusia 17 tahun. Namun dari itu semua hal yang mendasar untuk dilakukan oleh pemilih pemula sebelum menjadi peserta pemilu adalah pastikan dirinya sudah terdaftar sebagai Daftar Peserta Tetap (DPT) Pemilu April tahun 2019 ini di tempatnya masing-masing melalui pengurus RT dan Kelurahan/Desa setempat.

Terakhir, mewakili atas nama pemuda di kabupaten Ketapang ini kami Komunitas Perahu Edukasi Ketapang Kalimantan Barat menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Ketapang dan sekitarnya untuk bersama-sama menciptakan suasana yang nyaman aman dan sejuk. Semua elemen masyarakat baik itu pemerintah, aparat kepolisian dan masyarakat sipil harus terlibat aktif dengan menjunjung tinggi nuansa yang harmonis.

 

TIDAK ADA KOMENTAR