Kuliah Umum Perlindungan, Pengolahan dan Restorasi Lahan Gambut di Kalbar

Kuliah Umum Perlindungan, Pengolahan dan Restorasi Lahan Gambut di Kalbar

BERBAGI
Foto: Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA memberikan sambutan di acara Kuliah Umum tentang perlindungan, pengelohan dan restorasi lahan gambut di Kalimantan Barat. di Ruang Konferensi Untan, Selasa (12/3/2019)

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pantau Gambut dan Universitas Tanjungpura (Untan) melaksanakan Kuliah Umum tentang perlindungan, pengelohan dan restorasi lahan gambut di Kalimantan Barat, dilaksanakan di Ruang Konferensi Untan, Selasa (12/3/2019) pagi.

Rektor Untan, Prof Dr H Thamrin Usman DEA memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka acara Kuliah Umum tersebut.

Dalam sambutannya Prof Thamrin Usman mengatakan hal perlu dipahami bahwa gambut bukan diciptakan oleh tuhan dengan sia-sia namun  pasti mempunyai manfaat masing-masing.

“ Sebagai manusia makhluk yang di muliakan oleh Tuhan dengan kelengkapan berfikir maka gunakanlah itu. Kalau kita berfikir maka kita bisa mengatakan bahwa sesungguhnya gambut itu mempunyai manfaat luar biasa,” ucapnya.

Ia menuturkan gambut tidak ada manfaat manakala salah penggunaannya, salah fungsinya. ”Apabila lahan gambut di tanam aloevera, nenas dan umbi-umbian makan dapat menghasilkan hasil yang maksimal,” tutur Prof Thamrin Usman.

Menurut Prof Thamrin lingkungan sebenarnya bisa membuat keseimbangan baru, dengan bantuan manusia misalnya dalam bentuk reboisasi.

“ Apapun yang terjadi di muka bumi ini karena ulah manusia, kalau kita ingin menyelamatkan lahan gambut tentu sentuhannya adalah ulah manusia, attitude, sikap, perilaku dan kebiasaan buruk manusia itu harus disentuh,” pungkasnya.

(adi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY