Bapeten Sosialisasikan Regulasi Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Kalbar

Bapeten Sosialisasikan Regulasi Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Kalbar

BERBAGI

Pontianak, thetanjungpuratimes.com- Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengadakan bimbingan teknis terkait perizinan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) kepada Civitas Akademika Universitas Tanjungpura (Untan) di Hotel Golden Tulip Pontianak (28/3/2019).

Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi Bapeten, Dr. Ir. Khoirul Huda mengatakan bahwa tujuan diadakannya bimbingan teknis merupakan sosialisasi tugas Bapeten dalam pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir.

Foto : Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi Bapeten, Dr. Ir. Khoirul Huda

Ia menyampaikan Kalimantan barat (Kalbar) menjadi tempat diadakan Bimtek mengingat daerah Kalbar menyimpan kandungan uranium terbesar yang menjadi bahan baku nuklir.

“ Tujuan diadakan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya Civitas Akademika Untan mengenai perlunya pengawasan terhadap pemanfaatan tenaga nuklir dan kita tau ada rencana pemebangunan PLTN di sini”, ujarnya.

Foto : Rektor Untan, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA memberikan kata sambutan di Bimtek Pemanfaatan Tenaga Nuklir oleh Bapeten

Sementara itu, Rektor Untan, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA yang juga hadir pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa Kalimantan Barat memiliki kandungan uranium yang banyak, oleh karenanya Kalbar menjadi daerah yang  sangat berpotensi  dibangunnya Pembangkit listrik tenaga nuklir.

“ Melawi itu ke arah timur pedalaman jantung kalimantan, heart borneo disitulah tumpukan gunung / bukit yang di dalamnya terdapat uranium alam”, ucapnya.

Ia menambahkan kandungan uranium yang begitu melimpah menjadikan kalbar pilihan kompetitif untuk dibangun PLTN.

(Agus)

TIDAK ADA KOMENTAR