Fakultas Teknik Untan Peringati Isra’ Mi’raj Tingkatkan Kualitas Ibadah dan Iman

Fakultas Teknik Untan Peringati Isra’ Mi’raj Tingkatkan Kualitas Ibadah dan Iman

BERBAGI
Foto : Fakultas Teknik Untan Peringati Isra' Mi'raj / Zuliah Anggraini

Pontianak – Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) menyelenggarakan Acara Pengajian Umum dalam rangka memperingati Hari Isra’ Mi’raj (27 Rajab 1440 H / 03 April 2019). Acara ini dilaksanakan di Musholla Al-Istiqomah Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (UNTAN) pada pagi dini hari (06/04/2019) pukul 08.30 WIB – selesai. Adapun panitia penyelenggara pada acara ini berasal dari semua Program Studi di Fakultas Teknik UNTAN angkatan 2017 dan 2018.

Acara Pengajian Umum sekaligus peringatan Hari Isra’ Mi’raj ini menghadirkan seluruh dosen-dosen Fakultas Teknik UNTAN. Tak hanya itu, acara ini juga menghadirkan Ustadz KH. Ainun Najib yang akan menjadi penceramah selama rangkaian acara berlangsung. Tema yang diusung adalah “Memaknai Isra’ Mi’raj untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah kepada Allah SWT”.

Ruslianto selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pengajian Umum menjelaskan alasan mengusung tema tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas ibadah dan iman kepada Tuhan .

“Alasan kami mengusung tema itu adalah memaknai Isra’ Mi’raj untuk meningkatkan kualitas ibadah dan iman kita kepada Allah SWT. Karena sesungguhnya Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW sulit diterima secara nalar, maka dari itu Fakultas Teknik UNTAN menyelenggarakan acara peringatan Isra’ Mi’raj ini untuk mengubah pola pikir itu agar orang-orang yang meragukan sejarah Isra’ Mi’raj menjadi yakin dan percaya akan kebenaran sejarah itu,” ujarnya.

Rusli juga mengatakan tujuan menyelenggarakan acara ini adalah untuk menyambung tali silaturahim antara mahasiswa dan dosen. Terutama untuk panitia, yang mana dapat diketahui panitia berasal dari semua Program Studi dengan angkatan yang berbeda pula, sehingga diharapkan dengan penyelenggaraan acara ini mereka bisa saling mengenal lebih dekat lagi.

Ir. H. Sutarto, YM.,MT. selaku Pembina Lembaga Studi Mahasiswa Islam (LSMI) Al-Istiqomah sekaligus sebagai pembimbing dalam kepanitiaan acara ini mengatakan dalam sambutannya,mendukung penuh acara Isra’ Mi’raj ini

“Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yang didukung penuh oleh Bapak Dekan dan kami berlima, saya bersama Ir. Abubakar Alwi, M.T., Ph.D., M. Yusuf, S.T.,M.T., Riadi Budiman, S.T.,M.T., dan Usman. A.Gani., S.T.,M.T. ditugaskan supaya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Kita di dunia akademisi, Isra’ Mi’raj ini perlu kita maknai baik secara aqli maupun naqli. Memaknai secara Aqli, akal saja kita tidak sampai bahkan tidak mempercayai peristiwa itu. Kalau dari peristiwa jarak tempuhnya saja dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsa (Yerussalem) kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, tidak mungkin bisa ditempuh dalam waktu sekejap, bahkan dalam waktu semalam. Sehingga hal ini tentu tidak dapat diterima secara aqli. Maka dari itu, kita harus memaknai dan menghayati Isra’ Mi’raj ini secara naqli dan iman.” tutupnya.

Penulis : Zuliah Anggraini, Prodi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura.

TIDAK ADA KOMENTAR