Profesi Ners Untan Gelar Posyandu Lansia

Profesi Ners Untan Gelar Posyandu Lansia

BERBAGI

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Posyandu Lansia merupakan satu diantara rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners Universitas Tanjungpura Pontianak sebagai bagian dari pelaksanaan praktik komprehensif Keperawatan Komunitas dengan mengaplikasikan Tri Dharma perguruan timggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan Posyandu Lansia ini dilaksanakan di Desa Punggur Kapuas tepatnya di Dusun Selat Kering RW 005, RT 002.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan senam bersama lansia yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran pada Lansia yang dipandu oleh Muthia Nanda mahasiswa Profesi Ners Untan sebagai instruktur senam. Senam dimulai pada pukul 07.20 hingga pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh 38 peserta.

Setelah senam Lansia selesai dilaksanakan acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan dengan tema “Asam Urat” yang disampaikan oleh Sucipto mahasiswa Profesi Ners Untan. Penyuluhan kesehatan dilakukan dalam 3 sesi yaitu pemaparan materi, diskusi/tanya jawab dan ditutup dengan evaluasi serta pembagian hadiah pada peserta.

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan terutama pada pola makan dan jenis makanan untuk Lansia guna menghindari penyakit asam urat yang sering terjadi pada Lansia.

Acara selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dan mahasiswa/i Profesi Ners Untan yang terdiri dari pemeriksaan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Perut (LP), Tekanan Darah (TD), pembagian obat-obatan, pembagian kaca mata, serta dilakukan juga suntik Tetanus Toksoid (TT) pada Lansia. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengontrol kesehatan masyarakat terutama pada Lansia. Setelah itu acara berakhir ditutup dengan doa bersama dan foto bersama yang diikuti oleh Lansia, Petugas Kesehatan dan Mahasiswa/I Profesi Ners Untan.

Mengatakan kepala program posyandu Lansia puskesmas punggur, “kegiatan ini merupakan rutin dilakukan yang 3 bulan sekali di lakukan di setiap dusun di wilayah kerja puskesmas, pemeriksaan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Perut (LP), Tekanan Darah (TD), pembagian obat-obatan, pembagian kaca mata, serta dilakukan juga suntik Tetanus Toksoid (TT) pada Lansia. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengontrol kesehatan masyarakat terutama pada Lansia. Ujar Bu ratna.

Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh para kader posyandu lansia, mereka mengatakan bawah dalam 1 bulan ini memiliki program baru yaitu makanan sehat dan senam lansia di setiap jadwal posyandu lansia.

Hal ini juga di sambut meriah oleh warga, salah satu warga mengatakan bahwa harapannya kegiatan ini sering di laksanakan, bukan hanya 1 bulan sekali saja, karena jarak yang jauh dari tempat pelayanan kesehatan.

Jarak yang jauh dan medan jalan yang tidak memadai untuk ke dusun selat kering, desa punggur Kapuas menjadi hambatan dalam melaksanakan jadwal rutin dari posyandu lansia, kondisi hujan membuat para petugas kesehatan dan kader tidak bisa masuk ke dusun, harapnya semoga insfratuktur di desa di tingkatkan lagi di desa ini.

(Arizal/Adi)

 

TIDAK ADA KOMENTAR