Workshop Penguatan Peran & Posisi UMKM dengan Kepemilikan PIRT Melalui Fasilitasi FEB Untan

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tanjungpura (Untan) mengadakan Workshop Penguatan Peran & Posisi UMKM di Gardenia Kubu Raya, Jumat (1/11/2019).

Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kubu Raya, Norasari Arini, SE,MM, Direktur LPPOM MUI Kalbar, Dr.M.Agus Wibowo, MSi, Dina Ristiantin S.Si Apt, Lily Mauliyan A.Md, Far dan Samsiah, A.Md, Far dari Dinas Kesehatan Kubu Raya.

Ketua Tim PKM FEB Untan, Dr. Erni Panca Kurniasih mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pengusaha mikro kecil menengah binaan PD Salimah Kubu Raya yang berjumlah 55 orang untuk menyiapkan persyaratan ijin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

“PIRT ini merupakan ijin yang dikeluarkan untuk usaha makanan skala kecil. Dengan memiliki izin PIRT untuk produk pangan yang diproduksi, bisa dipastikan bahwa produk tersebut sudah siap dan layak untuk beredar dipasaran,” tutur Erni.

Erni menambahkan manfaat dan keunggulan ini bisa digunakan untuk bersaing dengan produk sejenis. Salah satu syarat pengajuan PIRT adalah dengan melampirkan sertifikat telah mengikuti kegiatan seminar Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat, untuk Kabupaten Kubu Raya.

kegiatan ini dilakukan setahun hanya dua kali yakni di bulan April dan September dengan kuota peserta hanya 40-50 orang. Kegiatan ini bersifat gratis sehingga animo masyarakat untuk mengikutinya sangat tinggi sehingga harus mengantri.

“Oleh karena keterbatasan waktu dan peserta maka para binaan tidak dapat mengikuti kegiatan ini,” ucapnya.

Erni melanjutkan, masalah lain yang dihadapi pengusaha mikro kecil menengah binaan PD Salimah kubu Raya ini adalah tentang kurangnya informasi secara menyeluruh mengenai peran UMKM dalam perekonomian dan bagaimana ide-ide kreatif mereka berpotensi menjadi sumber-sumber penghasilan yang saat ini terkenal dengan istilah ekonomi dan industri kreatif.

“Potensi binaan Pimpinan Daerah (PD) Salimah Kubu Raya tak boleh diabaikan karena dengan menguatkan perannya sebagai pelaku UMKM dan meningkatkan daya saing produk mereka maka hal ini paling tidak akan berkontribusi bagi perekonomian Kabupaten Kubu Raya,” jelas Erni

Dr. Erni Panca Kurniasih berharap setelah kegiatan ini semua mitra mendapatkan sertifikat pelatihan sehingga bisa memenuhi syarat-syarat dalam pengajuan ijin PIRT dan meningkatnya pengetahuan mitra mengenai UMKM dan ekonomi kreatif.

Tim PKM Dosen FEB Untan yaitu Dr. Erni Panca Kurniasih, Hendarmin, SE, MSi, Metasari Kartika, SE, ME, Ninuk Dwiastuti, SE, MM dan Yanto, SE, MSc serta Dibantu alumni FEB UNTAN Yuni Kusuma Wati, SE dan mahasiswa prodi s1 Ekonomi Pembangunan Nuranisa dan Syahrul Ramadhan.

Related Posts