Ciptakan Alat Deteksi Pencurian Helm, Mahasiswa Teknik Sipil FT Untan Raih Gold...

Ciptakan Alat Deteksi Pencurian Helm, Mahasiswa Teknik Sipil FT Untan Raih Gold Award InIIC 2019 di Malaysia

BERBAGI
Foto: Garry Marpahiko, Mahasiswa Teknik Sipil meraih Gold Award di ajang InIIC Series 2 2019 di Selangor, Malaysia

Thetanjungpuratimes.com– Garry Marpahiko, Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (FT Untan) menorehkan prestasi di ajang Internasional. Ia berhasil meraih Gold Award di International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 2 2019 Kategori Science, Engineering & Technology yang berlangsung di Selangor, Malaysia (2/11/2019).

Garry Marpahiko membuat inovasi berupa alat deteksi pencurian helm yang mempunyai keunggulan dapat memberikan pesan kepada pemilik ketika helmnya sedang dicuri.

“Keunggulannya, saat ada orang yang hendak mencuri helm, maka helm akan merespon dengan mengeluarkan bunyi saat tercabut dari spion motor dan mengirimkan sms ke handphone pemilik saat pencuri mencabut helm dari kendaraan”, ungkapnya.

Garry menyampaikan inovasi alat deteksi pencurian helm berawal dari hasil survei banyaknya kasus kehilangan helm di kampusnya.

“ Untuk persiapannya sendiri saya melakukan survey mengenai tingkat pencurian helm di Universitas Tanjungpura melalui google form dan berdiskusi dengan beberapa teman dari berbeda universitas untuk menemukan solusi yang paling tepat”, ungkapnya.

Ia mengatakan  waktu persiapan dalam membuat alat deteksi pencurian helm ini memakan sekitar Dua bulan. Saat ini alat tersebut masih dalam tahap pengembangan, oleh karena itu masih belum dikomersilkan.

International Invention dan  Innovative Competition diikuti universitas dari Indonesia, Malaysia, India serta beberapa negara-negara Asia lainnya.

TIDAK ADA KOMENTAR