Kapolri: ISIS Transfer Dana Rp70 Juta Untuk Teroris Bom Thamrin

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebutkan, salah satu dari 12 terduga teroris yang berhasil diciduk aparatkepolisian pascateror di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat telah mendapatkan transfer pendanaan dari jaringan ISIS.

“Transfer dananya mencapai Rp40 sampai Rp70 juta rupiah,” ujar Kapolri pada kesempatan jumpa pers di Divhumas Mabes Polri, Sabtu (16/1).

Meski demikian, Jenderal badrodin mengaku pihaknya belum bisa memastikan apakah pendanaan tersebut telah digunakan pada serangan teror di pos polisi Sarinah dan café Starbucks di jalan Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (14/1) lalu.

“Apakah dana itu (digunakan) untuk mendukung serangan kemarin atau serangan-serangan lainnya, kita masih dalami,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Badrodin menyampaikan kesimpulannya jika ke-12 terduga teroris yang berhasil ditangkap dari wilayah, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan itu terafiliasi dengan jaringan bos ISIS Indonesia, Bahrun Naim yang dilaporkan kini tengah berada di Suriah.

“Yang jelas mereka adalah kelompok dari Bahrun Naim,” kata Badrodin menegaskan.

Dari penangkapan tersebut, sambung dia, Kepolisian juga berhasil menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya adalah sembilan pucuk senjata api laras pendek, enam magasin, lima buah handphone, dan satu unit sepeda motor.

“Kami akan terus melakukan pengembangan. Kami punya waktu satu minggu untuk membuktikan apa peranan mereka ada hubungannya dengan aksi teror di kawasan Thamrin kemarin,” terang Badrodin. (rimanews.com/Yuniar)

Related Posts