BLH : Limbah Hotel Pontianak Masih Aman

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Banyaknya pembangunan Hotel di Kota Pontianak tidak dapat dimungkiri menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor perpajakan.

Namun tentunya juga wajib memperhatikan dampak lingkungan yang ditimbulkan dari kegiatan operasional hotel tersebut, salah satunya adalah permasalahan pembuangan limbah.

Kabid Pengawasan dan Pentaatan Hukum BLH Kota Pontianak, Muhammad Nasir menyebutkan,sesuai dengan aturan yang telah dikeluarkan Pemkot seluruh pengelola hotel harus melaporkan terlebih dahulu terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).
“Mereka harus mengambil sampel limbah hotel mereka sendiri dan melakukan pengujian di Depkes atau Sucopindo setelah itu memberikan laporan kepada kami,”ungkapnya, Selasa (19/1).

BLH mencatat seluruh limbah hotel yang ada di pontianak masih relatif baik, ini sesuai hasil tes uji sampel yang dilakukan BLH.
“Selama ini limbah dari hotel yang ada di Kota Pontianak sudah bagus, selain itu kami juga secara rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke lapangan,” katanya.

Selain itu, kata Nasir pihaknya juga melakukan pengawasan kepada badan air di hotel untuk mengantisipasi pemcemaran, jika terbukti tercemar maka akan dicari sebab dari pencemaran tersebut.
“Untuk hotel-hotel yang besar di Kota Pontianak semuanya sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan itu memang wajib dimiliki, dan pengelola hotel memang telah menyiapkan petugas khusus terkait IPAL yang ada di hotelnya yang mengawasi dan melakukan pemeliharaan IPAL-nya,” Pungkasnya.

(Faisal/Dede)

Related Posts