BAK UNTAN SOSIALISASIKAN PROSES SNMPTN 2016

SOSIALISASI SNMPTN 2016 UNTAN

Pontianak,thetanjungpuratimes.com – Koordinator Humas Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Tanjungpura Pontianak, Ida Fitria, mengatakan, pihaknya akan melakukan Sosialisasi bersama Dinas Pendidikan dan Sekolah serta pihak terkait lainnya yang ada di Kalbar untuk proses SNMPTN 2016.

“Kita akan segera melakukan sosialisasi untuk proses SNMPTN 2016 ini. Untuk jadwal SNMPTN 2016 ini, tahapannya dimulai sejak tanggal 18 sampai 20 Februari nanti. Kemudian pada tanggal 29 Februari sampai 12 Maret akan ada proses pendaftaran SNMPTN dan proses seleksi dilakukan pada tanggal 24 Maret sampai 8 Mei, kemudian hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 Mei,” katanya di ruang Rektorat Untan, Rabu (20/1) pagi.

Ida menambahkan, dalam SNMPTN tersebut terdapat Ketentuan Umum SNMPTN yang merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun, serta Portofolio Akademik.

Dia juga menjelaskan, Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa. Sekolah yang siswanya akan mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik, serta terdaftar di PDSS.

Selain itu, bagi Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru, sedangkan untuk ketentuan khusus, sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa SMA/MA, SMK negeri maupun swasta, (termasuk SRI di luar negeri) yang mempunyai NPSN. Kemudian siswa tersebut telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

“Persyaratan Siswa Pendaftar Pendaftaran SNMPTN antara lain, siswa SMA/MA, SMK kelas terakhir pada tahun 2016 yang memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah,” tambahnya.

Ida menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lengkap terkait SNMPTN dan SBNPTN dapat mengakses www.snmptn.ac.id atau menelpon bagian BAK Untan di nomor telepon 0561-740189.

(Monika/Dede)

Related Posts