Kondisi Telapak Tangan Bisa Menjadi Sinyal Gangguan Kesehatan

thetanjungpuratimes.com – Perubahan kondisi tangan khususnya kuku, ternyata bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan. Disampaikan dokter spesialis paru Richard Russel, ia kerap memperhatikan kondisi tangan pasiennya ketika akan mendeteksi adanya gangguan kesehatan.

“Saya selalu melibatkan pemeriksaan di bagian tangan khususnya kuku untuk melihat adanya masalah kesehatan yang dialami pasien,” ujarnya.

Lalu perubahan pada tangan yang seperti apa saja untuk diwaspadai? Berikut ulasannya seperti dilansir Mirror.co.uk

1. Jari biru
Jari-jari tangan yang berwarna biru bisa menunjukkan sirkulasi darah yang tak lancar ketika terjadi perubahan suhu. Biasanya kondisi ini dikenal dengan sindrom Raynaud. Meski tak berbahaya, kondisi ini bisa membuat tangan Anda terasa kebas, nyeri sehingga tak nyaman ketika beraktivitas.

“Dalam kasus yang lebih serius, ujung jari berwarna biru bisa menjadi tanda bahwa kadar oksigen dalam tubuh sangat rendah,” kata Dr Russell.

“Jika disertai gejala-gejala seperti demam itu bisa menjadi tanda pneumonia, atau jika terjadi setelah berolahraga, mungkin merupakan tanda awal penyakit paru-paru. Segera konsultasikan ke dokter untuk diagnosis lebih jelas,” imbuh Russel.

2. Kuku berwarna pucat
Kuku berwarna pucat bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan zat besi atau sirkulasi darah yang buruk sehingga sel darah merah tak bisa beredar di sekitar kuku Anda.

3. Tangan gemetar
Terlalu banyak kafein, tingkat kecemasan tinggi dan konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat asma dan antidepresan, dapat memicu tangan untuk gemetar.

Namun jika kondisi ini terjadi tanpa disertai penyebab diatas, bisa jadi Anda menderita tremor esensial yakni gangguan neurologis yang cenderung diturunkan secara genetik. Meski tak memperpendek umur, kondisi ini bisa mempengaruhi aktivitas Anda.

 4. Warna kuku gelap
Jika Anda melihat kuku Anda berwarna lebih gelap segera periksa kondisi kesehatan ke dokter karena dalam beberapa kasus hal ini menunjukkan adanya kanker melanoma yang mematikan.

5. Telapak tangan berwarna kemerahan
Hal ini bisa merujuk pada suatu kondisi yang disebut eritema palmaris, tanda dari penyakit hati, yakni sirosis atau peradangan hati. Kondisi ini pada gilirannya menyebabkan pembulluh darah di tangan dan kaki melebar.

6. Jari tangan bengkak
Beberapa faktor seperti terlalu banyak konsumsi garam, PMS dan dehidrasi ringan, dapat menyebabkan jari bengkak.

Tak hanya itu, jari tangan yang bengkak juga dapat menjadi indikator gangguan kesehatan yang lebih serius seperti gangguan tiroid dan rheumatoid arthritis. Untuk diagnosis lebih tepat segera konsultasikan ke dokter.

7. Telapak tangan berkeringat
Telapak tangan yang selalu berkeringat bisa jadi tanda tiroid yang terlalu aktif, sehingga cenderung mempercepat metabolisme dan membakar lebih banyak kalori sehingga produksi keringat menjadi berlebihan.

8. Kuku berwarna kehijauan
Kuku berwarna kuning atau hijau bisa jadi tanda Anda memiliki infeksi jamur atau jika berulang, bisa menjadi tanda awal dari diabetes.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh penderita diabetes lemah dan sirkulasi darah terganggu sehingga menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri dan jamur untuk berkembang. Jika mengalami kondisi ini segera konsultasikan ke dokter. (mirror.co.uk)

Related Posts