Pemulangan Eks Pengungsi Gafatar

Kapendam XII/TPR, Kolonel Muklis

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dengan menggunakan KRI Gilimanuk milik TNI AL sebanyak 350 jiwa eks Gafatar akhirnya dipulangkan, Jum’at (22/1) siang.

Kepala penerangan Kodam XII/Tpr, Kolonel Muklis mengatakan, seluruh eks anggota Gafatar tersebut akan diberangkatkan menuju pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.

Muklis menjelaskan pemulangan para pengungsi eks Gafatar ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan pendataan daerah asal pengungsi Gafatar tersebut.

“Keberangkatan berikutnya, lagi kita susun. Karena tidak semua mayoritas ke Jawa Tengah. Dari data yang kita dapat dari daerah Jabar,Jakarta, dan Jatim juga banyak. Makanya kita,”ujarnya.

Untuk kedatangan kapal berikutnya kata Muklis mengatakan, direncanakan akan merapat pada hari Sabtu dan Minggu.

“Sabtu dan Minggu KRI Teluk Banten dan KRI Teluk Bone akan merapat,”ujarnya.

Muklis menambahkan dengan jumlah pengungsi yang ada tentu ada dinamika dan kemungkinan jadwal pemulangan pengungsi akan berubah tidak sesuai dengan jadwal semula.

“Kemarinkan kita rencanakan hari minggu ini seluruh pengungsi selesai kita pulangkan dengan jumlah 1149 jiwa. Tapi karena adanya penambahan bisa jadi untuk memulangkan para pengungsi ini bisa hingga hari Selasa atau Ruabu mendatang,” pungkasnya.

(Slamet Asrdiansyah/Dede)

Related Posts