BMKG Prakirakan Curah Hujan Januari Berpotensi Sedang

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan angin dengan kecepatan 10 sampai 20 knot akan terjadi selama bulan januari 2016  ini.
“Angin dengan kecepatan 10 sampai 20 knot atau 20 sampai 40 kilometer perjam yang bertiup dari arah Timur Laut sampai Barat, masih akan terjadi selama bulan Januari ini. Dengan kecepatan tersebut, angin masuk dalam kategori sedang hingga kencang,” kata Tika prakirawan BMKG Supadio Pontianak, Minggu (24/1) siang.
Dia juga memprakirakan, indeks kekeringan pada Januari di Kalbar pada umumnya normal, namun ada beberapa daerah yang agak kering seperti yang terjadi di Pontianak, Kayong Utara dan Sambas. Sedangkan untuk kondisi agak basah terjadi diwilayah Mempawah, Sekadau, Sintang dan Melawi. Kemudian kondisi sangat basah akan terjadi di Sanggau dan Ketapang.
Tika menjelaskan, untuk curah hujan di Kalbar, hingga pekan depan masih akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan itu masih akan terjadi hingga satu pekan kedepan.
“Seperti hari ini, kondisi cuaca pada umumnya berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di daerah, Landak, Bengkayang, Sanggau dan Sambas,” katanya.
Tika menambahkan , meski masuk dalam kategori kencang, namun itu tidak masuk dalam kategori angin puting beliung.
“Untuk angin puting beliung itu dilihat dari putaran angin, sedangkan yang terjadi pada Sabtu kemarin itu hanya hembusan angin kencang saja,” Pungkasnya.
(Monika/Dede)

Related Posts