56 Anggota Gafatar Tercatat di Daftar Pemilih Pilgub Kalteng

Pulang Pisang, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 56 anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Desa Tangkahen, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau terdaftar sebagai pemilih dalam pemilihan gubernur Kalimantan Tengah yang dijadwalkan 27 Januari 2016.

“56 eks anggota Gafatar ini sudah terdaftar sebagai pemilih dalam pilgub Kalteng dan masih mempunyai hak suara memilih, sedangkan 27 TPS juga sudah disiapkan,” kata Camat Banama Tingang, Sem H Bodoi di Pulang Pisau, Senin (25/1).

Ia mengatakan, 56 eks anggota Gafatar telah memiliki KTP setempat, meski sebagian besar berasal dari luar daerah dan mereka masih tetap mempunyai hak memilih.

Kepemilikan KTP setempat tersebut, terang Sem, karena sebelumnya tidak diketahui bahwa orang-orang tersebut adalah anggota Gafatar.

Awalnya mereka masuk melalui kelompok tani, selanjutnya membuat KTP sesuai prosedur administratif di Disdukcapil dengan surat kepindahan dari daerah asal.

Mereka baru diketahui sebagai anggota Gafatar saat ingin mendaftarkan organisasi tersebut di Kesbanglinmas yang ternyata ditolak.

Katanya, meski organisasi tersebut sudah dibubarkan karena bertentangan dengan ideologi bangsa Indonesia, pihak kecamatan terus memantau keberadaan orang-orang eks anggota Gafatar tersebut.

Sedangkan Kesbanglinmas sampi saat ini tidak mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk organisasi itu.

Ia juga mengakui saat ini ada penambahan jumlah eks anggota Gafatar sebanyak 12 KK. Total keseluruhan eks anggota organisasi yang dilarang pemerintah itu berjumlah sebanyak 106 jiwa.

“Ada penolakan dari masyarakat setempat, namun sampai saat ini situasi masih aman dan kondusif,” tegas Sem. (rimanews.com/Yuniar)

Related Posts