Hari Pabean Internasional

Singkawang thetanjungpuratimes.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Sintete menyelenggarakan kegiatan “Fun Bike” dengan tajuk Gowes Singkawang dalam rangka peringatan hari Pabean Internasional ke-64, Sabtu(20/1) pagi.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP C Sintete, Aris Sudarminto mengatakan, kegiatan Fun Bike ini dimulai dari halaman Kantor Wali Kota Singkawang, dengan menempuh rute sekitar 12 Km dan berakhir di Hotel Khatulistiwa, Singkawang, Provinsi Kalbar.

Dalam kegiatan itu juga, katanya, turut hadir Wali Kota beserta Kepala SKPD Singkawang, anggota DPRD, Kapolres, Dandim 1202, Kejari, Kepala Pengadilan Negeri, BNN, Kalapas, Kantor Imigrasi, KPP Pratama, KPPN, KPKNL, dan Forkopimda.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari perwujudan salah satu dari nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi.

Dalam menjalankan visi misinya, Bea Cukai tidak akan bisa berjalan sendiri. Diperlukan sinergi diantara seluruh instansi yang ada untuk mencapai hasil yang optimal.

Menurutnya, pencapaian kinerja Bea Cukai pada 2015 khususnya pada pungutan bea masuk, bea keluar dan cukai sebesar Rp180,4 T, PDRI dan PPN HT sebesar Rp193,6 T atau total Rp374 T (setara dengan 30,3 persen dari realisasi perpajakan Nasional).

Masih ditambah hasil pungutan pajak rokok sebesar Rp13,9 T. “Semuanya merupakan hasil sinergi,” katanya.

Belum lagi dalam kegiatan untuk memberantas penyelundupan dan perdagangan ilegal, termasuk didalamnya pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

“Hasil penindakan yang sering kita lihat di media tentunya menjadi bukti perlunya sinergi bersama BNN, BIN, Polri dan instansi terkait lainnya. Dengan tantangan yang semakin berat di tahun 2016. Sinergi sangat perlu untuk selalu dibangun bersama,” jelasnya.

(MIZAR/DEDE).

Related Posts