Singkawang Targetkan Peringkat 2 Ujian Nasional


Singkawang thetanjungpuratimes.com
– Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Singkawang, Karyadi mengatakan, jika pelaksanaan ujian nasional (unas) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan digelar pada 9 Mei 2016.

Terkait dengan itu, pihaknya sudah melakukan persiapan-persiapan seperti memanggil seluruh guru kelas 6 Sekolah Dasar se-Kota Singkawang.

“Kita panggil guru kelas 6, karena mereka-mereka ini yang mempunyai peran keberhasilan siswa dalam rangka pelaksanaan ujian,” katanya.

Disamping itu, dia juga berharap agar para guru melakukan persiapan dengan matang.

“Jika memang dirasakan ada yang kurang dengan jam wajib belajar, kita sarankan untuk melakukan penambahan jam pelajaran,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, tak menutup kemungkinan pihaknya juga akan memanggil seluruh guru kelas 9 untuk diberikan arahan terkait Unas.

“Akan kita panggil juga, supaya dapat memotivasi serta mengefektifkan anak supaya bisa belajar di rumah. Karena, waktu siswa kan lebih banyak adalah di rumah,” katanya.

Sehingga, diharapkan selain penambahan jam pelajaran di sekolah, para siswa juga harus diberikan les tambahan.

Terlebih, katanya, ujian di tahun ini terjadi irisan (perpaduan antara kurikulum 2013 dan 2006).

“Dari dua perpaduan ini, yang lebih berat adalah Kurikulum 2013. Kita ingin lihat, sampai sejauh mana Kurikulum 2013 itu dikuasai oleh guru-guru kita,” ujarnya.

Tak hanya memanggil seluruh guru kelas 9, pihaknya juga akan melaksanakan Try Out. Untuk melatih sekaligus evaluasi dari hasil Try Out tersebut.

Dengan banyaknya latihan-latihan dan Try Out, dia berharap siswa menjadi terampil dan tanggap dengan soal-soal ujian yang diterima.

Sehingga, dengan berbagai upaya tadi, hasil kelulusan dapat bangkit kembali dan berhasil mencapai target yang diinginkan.

“Kita targetkan Singkawang masuk ke ranking 2 setelah Pontianak. Bila perlu Singkawang ranking satu,” ujarnya.

(Mizar/Dede

Related Posts