Warga Negara Malaysia Palsukan KTP Diserahkan ke Kejaksaan

Palu, thetanjungpuratimes.com – Warga Negara Malaysia berinisial DI diduga telah memalsukan dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) kewarganegaraan Indonesia.

“Saat tertangkap Tim Terpadu yang kita bentuk, yang bersangkutan memperlihatkan KTP dari Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sultra, Ilham Djaya di Kendari, Jumat (29/1).

Namun, setelah petugas Tim Terpadu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, KTP yang bersangkutan ternyata palsu.

“Petugas menduga KTP yang bersangkutan itu palsu karena dia juga memiliki dokumen paspor saat masuk di Indonesia,” katanya.

Menurut Ilham Djaya, warga negara Malaysia tersebut telah diserahkan kepada pihak Kejaksaan dan saat ini proses penyidikannya sudah P21.

“Sebentar lagi berkas pemeriksaannya akan dilimpahkan ke Pengadilan. Yang bersangkuta dijerat dengan pasal pemalsuan dokumen negara,” katanya.

Ia mengatakan belakangan ini banyak warga negara asing yang masuk di Sultra, bekerja di sejumlah perusahaan tambang nikel.

“Diantara warga negara asing yang bekerja di sejumlah perusahaan tambang itu, ada yang menyalahgunakan izin tempat bekekerja. Beberapa diantaranya telah dideportasi ke negara asalnya,” katanya.

(Rimanews/ommncmedia/Yuniar)

Related Posts