Kemenkes Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Hindari Virus Zika

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek meminta masyarakat Indonesia mewaspadai virus zika. Virus ini tengah berkembang di Amerika Serikat.

Virus ini juga berkembang utamanya di Brasil dan Kolombia. Penyebaran virus ini juga sampai ke Eropa dan Asia.

Selain itu Indonesia tengah memasuki musim penghujan, sebagaimana diketahui musim hujan identik dengan beredarnya penyakit Demam Berdarah Dengue. Nila menjelaskan virus Zika ini sebenarnya sama dengan DBD, sama-sama dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

“Virus zika juga dibawa oleh nyamuk yang sama dengan DBD, aedes aegypti, ada juga aedes yang lain tapi paling banyak dibawa oleh nyamuk aedes aegypti. Karena itu kebersiahan nomor satu,” ujar Menkes usai menghadiri acara ‘Puncak Perayaan 50 Tahun Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Tahun 2016’ di Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Minggu (31/1/2016).

Agar menghindari penyakit DBD, Kementerian Kesehatan mengajak seluruh masyarakat untuk sadar akan kebersihan.

“Saya kira kita semua jangan membuang sampah semabrangan dan menjaga kebersihan masing-masing, toh yang kena kita juga. Kita minta kesadaran dari masyarakat, tidak mungkin pemerintah kerja sendiri, gubernur bekerja sendiri,” jelasnya.

(Suara.com)

Related Posts