Anies Akui Dana Beasiswa di Kementeriannya Sering Bermasalah

Jakarta, thetanjungpuratimes.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan bahwa penerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tak hanya memberikan beasiswa kepada mereka yang akan mengambil gelar Magister dan Doktor. LPDP juga akan membiayai riset-riset dan pendidikan jangka pendek bagi kepala sekolah.

“LPDP ini akan menjangkau lebih dari sekadar beasiswa untuk program master dan doktor. Yang sudah dilakukan misalnya bantuan untuk daerah bencana, memberikan dana untuk riset dan juga disepakati LPDP untuk guru-guru kita serta kepala sekolah untuk dapatkan pendidikan jangka pendek,” kata Anies di Kantor Wakil Presiden, Selasa (02/02/2016).

Selain itu, LPDP yang memiliki dana abadi mencapai Rp20,6 triliun itu, juga dirancang untuk mengundang guru besar untuk datang mengajar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Anies mengatakan, Pada 2016 ini alokasi dana bagi para penerima beasiswa sebesar Rp1,4 triliun. Untuk itu, pemerintah saat ini tengah berupaya maksimal untuk memastikan pencairan dana pendidikan ini agar tidak terhambat.

“Biasanya pencairan di Januari dan Februari sering bermasalah. Nanti akan dikonsolidasi supaya dana bisa dicairkan dan anak-anak kita yang sedang sekolah tidak mengalami hambatan menerima beasiswanya,” pungkas Anies.

Sementara itu, Dirut LPDP, Eko Prasetyo diperkirakan sebanyak 65 ribu pelamar dari berbagai latarbelakang pendidikan akan mendaftar LDPD. Dimana dari 65 ribu pelamar, hanya 5 ribu orang saja yang mendapatkan beasiswa.

 

(Rimanews.com/Dede)

Related Posts