Jalan Gemerlap Guardiola Menuju Etihad

Manchester, thetanjungpuratimes.com – Manchester City, pada Senin (1/2), mengumumkan telah menyepakati kontrak tiga tahun dengan Pep Guardiola. Rencananya Guardiola, yang kini masih melatih Bayern Munich di Jerman akan mulai mengendalikan City pada musim depan.

Nama Guardiola sudah tak asing di sepak bola dunia. Baik sebagai pemain maupun pelatih namanya lekat dengan prestasi. Bahkan, jika melihat deretan medali yang dikoleksinya, tak berlebihan jika menyebut dia salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini.

Untuk lebih mengenal pendatang baru di Liga Primer musim ini, berikut ditampilkan fakta dan perjalanan karier Guardiola sebelum tiba di Etihad musim depan:

1. Lahir dengan nama Josep Guardiola i Sala pada 18 Januari 1971 di Santpedor, Spanyol.

2. Bermain sebagai gelandang bertahan dan bergabung dengan akademi sepak bola Spanyol pada 1984. Debutnya bersama tim utama Barca terjadi pada 1990 bersama pelatih Johan Cruyff.

3. Memenangkan enam gelar La Liga, dua Piala Raja, Winner Cup pada 1997, dan membawa Barca untuk pertama kali merebut Piala Eropa pada 1992 sebelum meninggalkan klub Catalan itu pada 2001.

4. Bergabung bersama Brescia dan AS Roma di Serie A Italia. I juga sempat bermain di liga sepak bola Qatar dan Meksiko sebelum pensiun pada 2006.

5. Kariernya bersama Brescia terganggu ketika dalam sebuah tes doping ia diketahui positif menggunakan nandrolone. Ia dilarang merumput selama empat bulan. Guardiola memprotes dan berhasil membersihkan namanya lewat pengadilan pada 2009.

6. Membawa Spanyol memenangkan medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona. Ia memperkuat tim nasional Spanyol sebanyak 47 kali.

7. Memulai karier sebagai pelatih pada 2007 ketika ia ditunjuk untuk menangani Barcelona B. Ia berhasil membawa tim kedua Barca itu promosi ke divisi empat liga sepak bola Spanyol.

8. Guardiola dipromosikan menjadi pelatih utama Barca, menggantikan Frank Rijkaard pada 2008. Di musim pertamanya, ia berhasil memberikan tiga gelar – La Liga, Piala Raja, dan Liga Champions – bagi Barca.

9. Pada 2009 ia memberi tiga gelar lagi dan menambah koleksi piala Barca menjadi enam. Ia berhasil merebut gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan membawa pulang Piala Dunia Antarklub pertama Barca dalam sejarah.

10. Ia memenangkan gelar La Liga kedua pada 2010 dengan hanya menelan satu kekalahan di sepanjang musim.

11. Di musim ketiganya bersama Barca, Guardiola berhasil mempertahankan gelar La Liga, memenangkan Piala Super Spanyol, tetapi dikalahkan oleh Real Madrid, yang dilatih Jose Mourinho, di Copa del Rey.

12. Di tahun yang sama, Barca kembali menjuarai Liga Champion dengan mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1 di London.

13. Pada musim 2011/12 Barca memenangkan Piala Super Eropa, Super Spanyol, dan kembali menjuarai Piala Dunia Antarklub.

14. Di musim terakhirnya itu, Guardiola berhasil membawa Barca ke semifinal Liga Champions, tetapi dikalahkan oleh Chelsea dengan agregat 3-2.

15. Selama empat tahun di Camp Nou, Guardiola memenangkan sembilan dari 15 laga Clasico atas Real Madrid, imbang empat kali, dan dua kali kalah. Ia memenangkan 14 gelar.

16. Guardiola melewatkan 2012 di New York, Amerika Serikat. Pada 2013 ia kembali ke lapangan hijau untuk melatih Bayern Munich di Jerman, menggantikan Jupp Heynckes.

17. Di musim pertamanya bersama klub berjuluk Hollywodd FC itu, Guardiola memenangkan Bundesliga dengan rekor tercepat sepanjang sejarah. Dia juga memenangkan Piala Jerman. Sebelum musim berakhir dia juga berhasil membawa Munich menjuarai Piala Dunia Antarklub dan Piala Super UEFA.

18. Ia kembali memenangkan liga pada 2015 dan pada musim ini masih berada di urutan terdepan dalam perburuan gelar Bundesliga.

19. Sayangnya dia belum pernah membawa pulang Liga Champions ke Munich dalam dua musim sebelumnya. Ia dua kali gagal di semifinal.

20. Pada 2015 lalu dia menolak memperpanjang kontrak di Munich dan mengatakan ingin berkarier di Liga Primer Inggris. Hari ini dia diumumkan sebagai pengganti Manuel Pellegrini di Manchester City. (Suara.com/Reuters/Yuniar)

Related Posts