Diabetes Bisa Pengaruhi Ibu Hamil

Baltimore, thetanjungpuratimes.com – Meski belum ada penyebab pasti dari autisme, peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore menemukan bahwa kondisi diabetes dan obesitas saat hamil bisa memicu bayi lahir dengan kondisi autisme.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini menyoroti tingkat autisme dan kecacatan intelektual pada 2700 anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu obesitas, didiagonosis hampir dua kali lipat lebih melahirkan anak yang memiliki autisme.

M. Daniele Fallin selaku peneliti utama mengatakan obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

“Kedua kondisi ini juga bisa memicu peradangan yang dapat membahayakan otak janin yang dikandung, salah satunya memicu kondisi autisme,” ujarnya.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti turut mengamati berat badan bumil dan melakukan wawancara terkait gaya hidup mereka. Usai kelahiran mereka juga ditanyai mengenai kondisi sang buah hati.

Dari hasil penelitian didapati bahwa 102 anak yang lahir dari bumil dengan bobot tubuh besar dan menderita diabetes, mengalami autisme.

Atas dasar inilah peneliti mengimbau agar bumil tetap mengontrol bobot tubuhnya dan menjaga agar kadar gula darah tetap normal selama kehamilan. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts